The Fed Tahan Suku Bunga, Kepercayaan Investor Diyakini Meningkat

Kompas.com - 18/12/2019, 13:30 WIB
Ilustrasi perang dagang AS dan China. SHUTTERSTOCKIlustrasi perang dagang AS dan China.
Penulis Kiki Safitri
|

NEW YORK, KOMPAS.com - Penetapan suku bunga acuan Bank Sentral Amerika Serikat (AS), Federal Reserve atau The Fed, pada angka 1,5 persen, diyakini lebih mampu meningkatkan kepercayaan investor dibandingkan kesepakatan dagang AS dan China.

Melansir CNBC, Rabu (18/12/2019), President and CEO of The Conference Board Steve Odland mengatakan, kepercayaan pemimpin bisnis atau investor lebih positif terkait dengan penetapan suku bunga The Fed yang stabil.

"Seharusnya (penetapan suku bunga The Fed) menjadi sedikit lebih baik serta memiliki efek yang lebih besar. Apalagi, Fed bilang akan bertahan pada suku bunga ini untung jangka waktu yang lama," kata Odland.

Baca juga: The Fed Memutuskan untuk Menahan Suku Bunga Acuan

The Fed mengumumkan tingkat suku bunga pada pekan lalu dengan mempertahankan suku bunga dalam kisaran target 1,5 persen hingga 1,75 persen.

Fed juga menyebut, semengtara waktu tak mungkin jika harus mengubah suku bunga pada 2020 saat tingkat inflasi yang terus-menerus rendah.

Setelah ketetapan suku bunga The Fed, keputusan kesepakatan perdagangan fase satu antara AS dan China juga diumumkan.

Sebagai bagian dari perjanjian itu, AS menyebut China setuju untuk meningkatkan pembelian pertanian dari AS, sementara Presiden Donald Trump mengatakan dia tidak akan menerapkan sejumlah tarif baru yang rencananya ditetapkan hari Minggu lalu.

Baca juga: Sri Mulyani : RI Tak Melulu Harus Respon Setiap Kebijakan The Fed

Perwakilan Dagang AS Robert Lighthizer mengatakan rencananya AS dan China akan menandatangani perjanjian pada Januari 2020.

Odland menekankan, penandatanganan kesepakatan dagang adalah titik awal yang kuat untuk negosiasi selanjutnya, terutama karena pembatalan tarif hari Minggu lalu.

Jika kenaikan tarif dlanjutkan, maka dapat mempengaruhi harga barang-barang konsumen termasuk mainan, telepon dan pakaian.

Baca juga: Ingin Atur Keuangan? Gunakan 4 Macam Aplikasi Ini di Ponsel Anda

“Ya, ini bagus. Kita membutuhkan fase dua, yang merupakan hal yang lebih besar, tapi penetapan suku bunga adalah hal yang lebih baik bagi dunia usaha," katanya.

Keputusan suku bunga memang sangat penting karena para pemimpin perusahaa perlu memiliki kepastian tentang alokasi modal.

“Jika Anda akan berinvestasi dalam modal, pengeluaran pemasaran, pengeluaran konsumen, semua itu tergantung pada biaya modal dan kepastian,” kata Odland.

Baca juga: Pembelian Hasil Pertanian AS Dalam Jumlah Besar Menjadi Masalah Bagi China

Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Sumber CNBC
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X