Libur Akhir Tahun, Kios BBM Hadir di Ruas Tol Trans Jawa dan Sumatera

Kompas.com - 18/12/2019, 17:38 WIB
Ilustrasi BBM. (ABC/Nic MacBean) Ilustrasi BBM. (ABC/Nic MacBean)

JAKARTA, KOMPAS.com - BPH Migas kembali membuka posko persiapan jelang Natal dan Tahun Baru 2020.

Tahun ini, BPH Migas kembali ditunjuk untuk mengawasi serta mengontrol ketersediaan pasokan energi, baik Bahan Bakar Minyak ( BBM) dan gas sepanjang periode libur akhir tahun.

Kepala BPH Migas, M Fanshurullah Asa mengatakan, pengalaman mereka selama ditugaskan jelang perayaan hari besar dan tahun baru, BBM dan elpiji paling diantisipasi. Sebab, diprediksi adanya lonjakan konsumsi masyarakat akan kedua energi tersebut.

"Biasanya pengalaman kita selama posko ini, yang paling critical adalah di BBM subsidi, BBM penugasan, dan elpiji," katanya di Jakarta, Rabu (18/12/2019).

Baca juga: Pertamina Minta BPH Migas Atur Tata Cara Penjualan BBM di SPBU

Khususnya BBM, intensitas konsumsi pengendara akan meningkat dibanding hari-hari normal. Oleh sebab itu, pihaknya mulai mengantisipasi dengan mendirikan kios-kios SPBU di ruas Jalan Tol Trans Jawa dan Sumatera.

Pasalnya, kedua ruas tol di sana, terutama Sumatera masih minim adanya SPBU.

"Tahun ini, khususnya Jalan Tol Trans Sumatera sudah diresmikan oleh Pak Jokowi meskipun SPBU-nya cuma satu. Ini pun kita antisipasi dengan adanya kios-kios sepanjang Tol Trans Sumatera," ujarnya.

"Begitu juga dengan tol di Jawa, kalau memang ada tambahan di rest area itu pasti kita antisipasi penambahan kios-kios juga," lanjut Fanshurullah.

Baca juga: Pertamina Jateng-DIY Siapkan 21 Titik Pelayanan BBM di Tol Trans Jawa

Dia juga mengimbau kepada distribusi minyak perusahaan swasta agar ikut terlibat dalam penyediaan BBM selama Nataru di titik-titik ruas jalan yang sulit ditemui SPBU.

"Kami mohon, kalau bisa seperti Shell, Total, Vivo, ikut memperkuat dalam kios-kios tadi. Dikoordinasikan sama tol yang dimiliki Jasa Marga maupun swasta," ujarnya.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X