Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasar Wait and See, Rupiah Ditutup Menguat Rp 13.988 Per Dollar AS

Kompas.com - 18/12/2019, 19:14 WIB
Kiki Safitri,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Nilai tukar rupiah terhadap dollar AS ditutup menguat tipis pada penutupan perdagangan di pasar spot, Rabu (18/12/2019).

Rupiah ditutup menguat Rp 13.988 per dollar AS, menguat 8 poin atau 0,06 persen dibanding penutupan Selasa Rp Rp 13.966 per dollar AS.

Menurut Kepala Bidang Riset PT Monex Ariston Tjendra penguatan tipis menunjukkan kehati-hatian pasar terkaot kesepakatan dagang yang rencananya akan ditandatangani pada Januari 2020.

"Pasar tampaknya masih berhati-hati dengan perkembangan kesepakatan dagang. Ini terlihat dari pergerakan rupiah yang tipis," kata Ariston kepada Kompas.com.

Baca juga: Rupiah Diproyeksikan Bergerak Melemah Sepanjang Hari

Reaksi pasar ini juga diukur dari harga spot emas, dimana harga emas terlihat bergerak terbatas. Ini artinya reaksi pasar masih wait and see.

"Harga emas spot yang bisa dijadikan pembanding untuk melihat reaksi pasar terhadap situasi kesepakatan dagang, juga bergerak dalam kisaran sempit," tegasnya.

Yuan China terlihat melemah 0,14 persen atau 7.042 per dollar AS. Dollar Singapura juga melemah 0,07 persen atau 1.368 per dollar AS.

Sementara yen Jepang menguat pada level 109 per dollar AS atau naik 0,04 persen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com