Libur Natal dan Tahun Baru, Ada 237 Titik Rawan di Jalur Perlintasan KA

Kompas.com - 18/12/2019, 20:07 WIB
Kepala PT KAI Daop 1 Jakarta Dadan Rudiansyah di Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat, Minggu (9/6/2019). KOMPAS.com/DEAN PAHREVIKepala PT KAI Daop 1 Jakarta Dadan Rudiansyah di Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat, Minggu (9/6/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - PT KAI Daop 1 Jakarta telah memetakan titik-titik rawan bencana atau pun kecelakaan yang mungkin terjadi saat musim libur Natal dan Tahun Baru 2019.

Setidaknya, ada 237 titik rawan di jalur perlintasan yang telah dipetakan oleh PT KAI Daop 1.

Kepala Daop 1 Jakarta Dadan Rudiansyah mengatakan, titik rawan tersebut terdiri dari 77 perlintasan sebudnag, 81 titik rawan longsor, 46 titik rawan banjir, dan 33 titik rawan amblas.

“Saya sampaikan terutama di daerah Bogor ke Sukabumi itu titik rawan banyak sekali,” ujar Dadan di Jakarta, Rabu (18/12/2019).

Dadan mengaku data-data titik-titik rawan tersebut dia dapatkan berdasarkan hasil pengamatan di lapangan selama ini.

“Data ini berdasarkan historis dan melihat geografis lintas tersebut. Bagaimana kita ketahui curah hujan di Bogor sampai Sukabumi itu melebihi curah hujan di wilayah lainnya. Kemudian juga geografianya juga sangat ekstrem sih, banyak tebing banyak lembah,” ucap dia

Dadan menjelaskan, untuk mengantisipasi hal-hal yang tak diinginkan terjadi, pihaknya telah menyiagakan petugas dan peralatan di lokasi-lokasi tersebut.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Di Sukabumi itu ada 9 tempat pos penjagaa , disana stand by terus-menerus. pada saat hujuan atau lainnya. Kami juga tambahkan petugas khusus pada saat kereta itu akan melewati jalan atu titik tertentu, maka petugas kami akan jalan duluan.  Jadi insya Allah lah mudah-mudahan tidak ada yang kecolongan,” kata Dadan.

Baca juga: Erick Thohir Akan Rombak Jajaran Direksi PT KAI



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.