Sederet Perusahaan Asuransi Besar di Indonesia yang Gagal Bayar

Kompas.com - 19/12/2019, 11:33 WIB
Ilustrasi Jiwasraya KONTAN/Cheppy A. MuchlisIlustrasi Jiwasraya
|

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Asuransi Jiwasraya (Persero) mengalami gagal bayar polis kepada nasabah terkait produk investasi Saving Plan.

Nilainya tak tanggung-tanggung, BUMN asuransi ini menyatakan sudah tak sanggup memenuhi kewajiban pembayaran yang mencapai Rp 12,4 triliun.

Jiwasraya tak sendirian, ada dua perusahaan asuransi besar lain di Indonesia yang menunggak pembayaran kepada nasabahnya. Berikut daftar perusahaan asuransi besar yang gagal bayar:

1. AJB Bumiputera 1912

Bumiputera di usia yang sudah lebih dari seabad terpaksa mengalami kesulitan keuangan.

AJB Bumiputera gagal bayar klaim asuransi kepada nasabahnya karena mismatch antara aset dan kewajiban. Kewajibannya lebih besar dibandingkan asetnya.

Baca juga: Penyelamatan Asuransi Bumiputera, Status Mutual Dihapuskan

Perusahaan asuransi jiwa ini mencatatkan kinerja keuangan negatif Rp 20 triliun per Desember 2018. Di sisi lain di waktu yang sama, asetnya hanya sebesar Rp 10,28 triliun.

Sementara kewajibannya bengkak sebesar Rp 31 triliun. Meski menjual aset sekalipun, nilainya tak cukup untuk menutup kewajibannya.

Kemudian sampai akhir Januari 2018, total klaim jatuh tempo atau outstanding AJB Bumiputera yang belum dibayarkan kepada nasabah sudah menyentuh angka Rp 2,7 triliun.

Bahkan di Jawa Barat saja, ada 19.000 nasabah AJB Bumiputera yang belum dibayarkan klaimnya. Sementara jumlah premi yang masuk, bukan digunakan untuk membayar klaim tetapi gaji karyawan dan biaya operasional perusahaan.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X