Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Natal dan Tahun Baru, Jumlah Penumpang KA Naik 4 Persen

Kompas.com - 19/12/2019, 14:36 WIB
Rina Ayu Larasati,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyatakan ada kenaikan jumlah penumpang kereta pada masa Natal dan tahun baru. 

Pada tahun ini, kenaikan jumlah penumpang mencapai 4 persen dari periode yang sama tahun lalu.

"Ini merupakan jumlah yang besar, dari yang tahun sebelumnya 5,6 juta penumpang menjadi 5,9 juta penumpang," ucap Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat berada di Stasiun Gambir, Jakarta, Kamis (19/12/2019).

Diketahui, kenaikan penumpang tersebut berdasarkan jumlah kereta yang disediakan oleh KAI. Untuk periode ini KAI menambah jumlah keberangkatan sebanyak 374 KA reguler dan 30 KA tambahan dengan total 404 perjalanan. 

Untuk mengantisipasi lonjakan penumpang dan datangnya musim hujan. KAI menyiapkan 477 petugas pemeriksa jalur ekstra, 908 petugas penjaga pintu perlintasan ekstra dan 355 petugas posko daerah rawan ekstra.

Total 1.740 petugas disiagakan untuk mengamankan perjalanan KA di sepanjang lintas KA Jawa dan Sumatera untuk memantau apabila terjadi rintang jalan atau peristiwa luar biasa (PLH) yang menghambat perjalanan KA.

Sementara itu KAI juga menaruh personel di beberapa titik terutama area rawan bencana alam seperti banjir, longsor atau penurunan tanah.

"Di jalur selatan itu rawan longsor ya, jadi disitu kita siapkan crane juga, kalau ada terjadi apa-apa," ucap Direktur Utama KAI Edi Sukmoro

Ia melanjutkan jalur selatan jawa memiliki potensi besar mengalami longsor karena lokasi tesebut terdapat banyak lereng dan mengingat ini sudah memasuki musim hujan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com