Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perhatikan 4 Hal Ini agar Tidak Terkecoh Website Palsu untuk Liburan

Kompas.com - 21/12/2019, 07:18 WIB
Elsa Catriana,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Perayaan Natal dan Tahun Baru merupakan momen yang ditunggu-tunggu oleh banyak orang, karena liburan memungkinkan banyak keluarga berkumpul maupun bepergian bersama.

Hal inilah yang membuat banyak keluarga jauh-jauh hari telah mempersiapkan segala sesuatunya, seperti memesan hotel, tiket pesawat dan banyak lainnya.

Baca juga: Cara Memanfaatkan Kartu Kredit buat Liburan agar Untung Banyak

Namun momen ini juga dimanfaatkan para hacker untuk membuat situs palsu pemesanan hotel dan tiket perjalanan.

Dikutip dari Etnonews, Sabtu (21/12/2019), ada 4 hal yang harus anda lakukan untuk melindungi dari cyber atau situs palsu:

1. Jangan Pernah Memuat Ulang Kata Sandi

Hanya dengan satu peretasan para hacker dapat memperoleh ribuan kata sandi yang kemudian dapat mereka gunakan untuk beberapa akun. Ketika ada permintaan ulang untuk memasukkan kata sandi, sebaiknya Anda perlu berpikir dan berhati-hati.

2. Selalu periksa alamat email atau situsnya

Jangan mengklik tautan dalam email, sebaiknya Anda perlu melakukan survei di Google pencarian pada situs dan email yang tertera.

Perlu diingat juga ketika sedang melakukan pencarian jangan lupa untuk membandingkan situs tersebut dengan situs yang sudah terkenal dan terpercaya.

3. Jelajahi dengan Perlindungan Keamanan

Gunakan perangkat lunak perlindungan keamanan komperensif yang dapat membantu malware, serangan phising dan ancaman lainnya untuk membantu mengidentifikasi situs web berbahaya.

4. Gunakan Alat untuk Bantu Lindungi Infomasi

Lakukan pendekatan proaktif untuk membantu melindungi identitas dengan alat pemantauan dan pemulihan pribadi dan keuangan pribadi dan aman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com