Nataru 2020, Kemenhub Alokasikan 53 Bus Gratis untuk Pemudik

Kompas.com - 21/12/2019, 16:54 WIB
Budi Setiyadi melepas pemudik disabilitas di Jakarta, Sabtu (21/12/2019). KOMPAS.com/ELSA CATRIANABudi Setiyadi melepas pemudik disabilitas di Jakarta, Sabtu (21/12/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Darat secara resmi melaksanakan Mudik Gratis Nataru 2020 dengan mengalokasikan 53 bus.

Kuota mudik gratis reguler terdiri dari keberangkatan Jakarta-Solo sebanyak 23 bus, Jakarta-Yogyakarta sebanyak 15 bus, Jakarta-Semarang sebanyak 5 bus, Jakarta-Boyolali sebanyak 3 bus, Jakarta-Purwokerto sebanyak 1 bus, Jakarta-Malang sebanyak 2 bus dan Jakarta-Surabaya sebanyak 1 bus.

Dirjen Perhubungan Darat Budi Setiyadi mengatakan mudik gratis ini merupakan kerja sama yang dilakukan dengan PT. Jasa Raharja untuk mendorong semangat masyarakat yang ingin mudik agar tercipta suasana mudik yang aman dan gratis.

"Kita mau memberi fasilitas kepada masyarakat kita yang ingin mudik selain gratis kita juga memastikan keselamatan mereka," ujarnya di Jakarta, Sabtu (21/12/2019).

Budi juga mengatakan bahwa masyarat yang ingin mendapatkan kuota mudik gratis ini harus mendaftar secara langsung ke kantor pusat Kementerian Perhubungan dengan membawa data yang dibutuhkan dan juga dapat melalui situs online melalui website https://mudikgratis-hubdat.dephub.go.id .

"Kemarin periode pendaftaran kita mulai dari tanggal 18 November-18 Desember 2019 dan total ada 2.120 pemudik yang terkumpul dan pendaftaran sudah full dan kita tutup" lanjutnya.

Pemberangkatan bus mudik ini dilakukan di enam terminal seperti Terminal Pulo Gebang, Terminal Kampung Rambutan, Terminal Jatijajar, Terminal Kalideres dan Terminal Poris Plawad.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X