Trump Beri Sinyal Positif Kesepakatan AS-China Bakal Berjalan Baik

Kompas.com - 21/12/2019, 18:25 WIB
Presiden Amerika Serikat Donald Trump (kiri) berjabat tangan dengan Presiden China Xi Jinping dalam pertemuan bilateral di sela KTT G-20 di Osaka, Jepang, Sabtu (29/6/2019). AFP/BRENDAN SMIALOWSKIPresiden Amerika Serikat Donald Trump (kiri) berjabat tangan dengan Presiden China Xi Jinping dalam pertemuan bilateral di sela KTT G-20 di Osaka, Jepang, Sabtu (29/6/2019).

NEW YORK, KOMPAS.com - Presiden AS Donald Trump memberi sinyal positif perjanjian perdagangan antara AS- China bakal berjalan baik dan sesuai kesepakatan.

Dikutip CNBC, Sabtu (21/12/2019), Trump mengatakan dia telah memiliki pembicaraan yang baik dengan presiden China Xi Jinping. Hal ini tentu menunjukkan lebih banyak kemajuan yang telah dibuat antar pemimpin negara.

"Kami telah melakukan pembicaraan yang sangat baik dengan Presiden Xi dari China tentang kesepakatan perjanjian dagang kami," kata Trump dikutip CNBC, Sabtu (21/12/2019).

Trump mengatakan, China mulai membeli produk pertanian AS dengan skala besar. Bahkan dia bilang, penandatanganan formal tengah diatur oleh kedua negara.

"China telah memulai pembelian produk pertanian skala besar & lebih. Penandatanganan formal sedang diatur. Juga berbicara tentang Korea Utara, tempat kami bekerja dengan China, dan Hong Kong," ucap Trump.

Memang, rencana perjanjian antar kedua negara telah berdengung sejak minggu lalu. Orang nomor satu di kedua negara itu nampaknya telah menyetujui adanya perjanjian dagang fase I.

Adapun lingkup perjanjian meliputi pengurangan tarif, peningkatan pembelian pertanian, dan perubahan struktural tertentu untuk masalah kekayaan intelektual dan teknologi.

Lebih detailnya, kesepakatan fase I akan meningkatkan ekspor AS ke China dua kali lipat dalam 2 tahun ke depan. AS berencana menangguhkan tarif impor barang China senilai 160 miliar dollar AS yang dijadwalkan berlaku pada hari Minggu 15 Desember 2019 lalu.

AS juga sepakat menurunkan tarif impor menjadi 7,5 persen terhadap produk China senilai 120 miliar dollar AS. China dikabarkan juga menawarkan perlindungan kekayaan intelektual baru sebagai imbalan atas pengurangan tarif AS.

Menteri Keuangan AS Steven Mnuchin membenarkan penandatanganan perjanjian akan dilakukan pada awal Januari 2020.

https://www.cnbc.com/2019/12/20/trump-says-he-had-a-very-good-talk-with-president-xi-about- china-trade-deal.html

Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Sumber CNBC
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X