Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Trump Beri Sinyal Positif Kesepakatan AS-China Bakal Berjalan Baik

Kompas.com - 21/12/2019, 18:25 WIB
Fika Nurul Ulya,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

Sumber CNBC

NEW YORK, KOMPAS.com - Presiden AS Donald Trump memberi sinyal positif perjanjian perdagangan antara AS-China bakal berjalan baik dan sesuai kesepakatan.

Dikutip CNBC, Sabtu (21/12/2019), Trump mengatakan dia telah memiliki pembicaraan yang baik dengan presiden China Xi Jinping. Hal ini tentu menunjukkan lebih banyak kemajuan yang telah dibuat antar pemimpin negara.

"Kami telah melakukan pembicaraan yang sangat baik dengan Presiden Xi dari China tentang kesepakatan perjanjian dagang kami," kata Trump dikutip CNBC, Sabtu (21/12/2019).

Trump mengatakan, China mulai membeli produk pertanian AS dengan skala besar. Bahkan dia bilang, penandatanganan formal tengah diatur oleh kedua negara.

"China telah memulai pembelian produk pertanian skala besar & lebih. Penandatanganan formal sedang diatur. Juga berbicara tentang Korea Utara, tempat kami bekerja dengan China, dan Hong Kong," ucap Trump.

Memang, rencana perjanjian antar kedua negara telah berdengung sejak minggu lalu. Orang nomor satu di kedua negara itu nampaknya telah menyetujui adanya perjanjian dagang fase I.

Adapun lingkup perjanjian meliputi pengurangan tarif, peningkatan pembelian pertanian, dan perubahan struktural tertentu untuk masalah kekayaan intelektual dan teknologi.

Lebih detailnya, kesepakatan fase I akan meningkatkan ekspor AS ke China dua kali lipat dalam 2 tahun ke depan. AS berencana menangguhkan tarif impor barang China senilai 160 miliar dollar AS yang dijadwalkan berlaku pada hari Minggu 15 Desember 2019 lalu.

AS juga sepakat menurunkan tarif impor menjadi 7,5 persen terhadap produk China senilai 120 miliar dollar AS. China dikabarkan juga menawarkan perlindungan kekayaan intelektual baru sebagai imbalan atas pengurangan tarif AS.

Menteri Keuangan AS Steven Mnuchin membenarkan penandatanganan perjanjian akan dilakukan pada awal Januari 2020.

https://www.cnbc.com/2019/12/20/trump-says-he-had-a-very-good-talk-with-president-xi-about-china-trade-deal.html

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com