Sepekan Terakhir, Aksi Jual Asing di Pasar Obligasi Domestik Capai Rp 1,94 Triliun

Kompas.com - 22/12/2019, 14:11 WIB
Ilustrasi SHUTTERSTOCKIlustrasi

JAKARTA, KOMPAS.com - Jelang akhir tahun, Bank Indonesia ( BI) mencatat terjadi aksi jual asing di pasar obligasi domestik.

Berdasarkan catatan BI, capital outflow atau arus keluar modal asing mencapai Rp 1,94 triliun sepanjang sepekan terakhir atau week to date.

Gubernur BI Perry Warjiyo mengatakan, keluarnya dana asing dari pasar Indonesia merupakan sesuatu yang biasa terjadi.

“Ini hal yang wajar terjadi di akhir tahun karena biasanya para trader pemegang SBN keluar (dari pasar) untuk melakukan profit-taking saja. Umumnya, mereka akan kembali lagi (masuk ke pasar) di awal tahun,” ucap Perry, Jumat (20/12/2019).

Baca juga: BI Proyeksikan Kredit Bank Tumbuh hingga 12 Persen di 2020

Meski terjadi outflow di pasar obligasi, BI mencatat secara keseluruhan masih terjadi aliran masuk modal asing (capital inflow) pada portfolio domestik, yaitu Rp 1,31 triliun sepanjang seminggu terakhir.

arus masuk tersebut terjadi di pasar saham sebesar Rp 1,41 triliun dan pada instrumen Sertifikat BI (SBI) sebesar Rp 1,75 triliun.

Adapun, sejak awal tahun atau year-to-date (ytd), BI mencatat capital inflow asing pada portofolio mencapai Rp 220,07 triliun. Terdiri dari arus masuk modal asing pada SBN sebesar Rp 171,51 triliun, pada pasar saham Rp 43,78 triliun, dan sisanya di obligasi korporasi dan SBI.

Baca juga: Cara Agar Indonesia Tak Bergantung dengan Hot Money...

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Sumber
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X