Jadi Sumber Duit, Pelihara Burung Kicau Sudah Dianggap Investasi

Kompas.com - 22/12/2019, 16:36 WIB
Burung murai batu (Copsychus malabaricus) Burung murai batu (Copsychus malabaricus)

JAKARTA, KOMPAS.com - Seolah tak kenal musim, hobi memelihara burung kicau seolah tak pernah mati. Dari tahun ke tahun, kompetisi burung kicau bahkan semakin banyak di sejumlah daerah di Indonesia.

Harga beberapa jenis burung kicau juga relatif tak ramah di kantong, bahkan ada yang mencapai ratusan juta.

Beberapa waktu lalu, seorang penumpang Garuda dari Jakarta ke Pontianak, Kalimantan Barat, Rendy Lesmana, mengaku kehilangan seekor burung kicau berjenis kacer seharga Rp 150 juta yang disimpan di bagasi pesawat.

Burung itu, merupakan salah satu burung kicau yang dibawa Rendy ke Jakarta dari Pontianak, untuk mengikuti kontes kicau mania.

Wakil Ketua Umum Komunitas Kicau Mania, Giri Prakosa, mengungkapkan selama ini tak ada pakem soal penetuan harga burung kicau di pasaran.

Harga burung kicau, bisa melejit drastis jika sang burung memenangi banyak lomba kicau di kontes level nasional.

Baca juga: Kenapa Harga Burung Kicau di Indonesia Bisa Sampai Ratusan Juta?

Banyak penghobi burung, rela merogoh duit ratusan juta demi membeli burung kicau yang diicarnya.

Bahkan, lanjut Giri, seorang pehobi burung kicau berpengalaman yang beruntung menemukan 'bakat terpendam' seekor burung kicau, bisa menjadikannya sebagai sumber uang yang besar.

"Jangan salah, banyak pehobi yang berani bayar mahal, karena dia yakin burung yang dibelinya bisa menghasilkan uang lebih banyak lagi. Pelihara burung sudah jadi semacam investasi," kata Giri kepada Kompas.com, Minggu (22/12/2019).

Ibarat audisi pencarian bakat, banyak pehobi burung memang sengaja berburu burung-burung kicau dari berbagai daerah di Indonesia. Mereka rela keluar ongkos untuk terbang ke luar pulau demi mendapatkan burung kicau yang diincarnya.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X