Kata Jokowi, Perputaran Uang dari Burung Kicau Tembus Rp 1,7 Triliun

Kompas.com - 22/12/2019, 18:30 WIB
Salah satu burung murai yang disita Balai Besar Taman Nasional Gunung Leuser dari para pemburu, Senin (29/2/2016). Pemburuan burung marak di TNGL karena harga jualnya yang tinggi, sebanyak delapan orang ditangkap saat berburu akhir pekan lalu. KOMPAS/AUFRIDA WISMI WARASTRISalah satu burung murai yang disita Balai Besar Taman Nasional Gunung Leuser dari para pemburu, Senin (29/2/2016). Pemburuan burung marak di TNGL karena harga jualnya yang tinggi, sebanyak delapan orang ditangkap saat berburu akhir pekan lalu.

JAKARTA, KOMPAS.com - Hobi burung kicau tak pernah surut, bahkan semakin populer dari tahun ke tahun. Dari tahun ke tahun, kompetisi burung kicau bahkan semakin banyak di sejumlah daerah di Indonesia.

Padahal, harga beberapa jenis burung kicau bisa dikatakan tidak murah, bahkan ada yang mencapai ratusan juta.

Seperti diberitakan Harian Kompas 12 Maret 2018, Presiden Joko Widodo (Jokowi) sampai menyebut, kalau hobi burung ini rupanya berkontribusi cukup besar bagi ekonomi Indonesia.

"Indonesia ini memiliki burung spesies burung yang sangat banyak, sangat banyak sekali. Dari informasi yang saya dapat, ada 1600 spesies burung di Indonesia," kata Jokowi di Kompetisi Kicau di Kebun Raya Bogor.

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini mengungkapkan, perputaran uang dari para pehobi burung di Indonesia ini luar biasa besar.

"Kedua kaitannya dengan ekonomi Indonesia, dengan penangkaran burung juga roda ekonomi, terutama ekonomi kerakyatan tumbuh," ucap Jokowi.

"(Menggerakkan ekonomi dari) pembuatan sangkar burung, makanan burung, semua jadi berkembang. Hitungan perputaran uangnya Rp 1,7 triliun," tambahnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Jokowi Pernah Tawar Burung Kicau Rp 600 Juta, Oleh Pemiliknya Ditolak!

Burung jadi investasi

Wakil Ketua Umum Komunitas Kicau Mania, Giri Prakosa, mengungkapkan banyak penghobi burung, rela merogoh duit ratusan juta demi membeli burung kicau yang diicarnya.

Bahkan, lanjut Giri, seorang pehobi burung kicaun yang berpengalaman yang beruntung menemukan 'bakat terpendam' seekor burung kicau, bisa menjadikannya sebagai sumber uang yang besar.

"Jangan salah, banyak pehobi yang berani bayar mahal, karena dia yakin burung yang dibelinya bisa menghasilkan uang lebih banyak lagi. Pelihara burung sudah jadi semacam investasi," kata Giri.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.