Awal Januari, Erick Thohir Ajukan 3 Nama Calon Dirut Garuda ke Presiden

Kompas.com - 23/12/2019, 06:36 WIB
Ilustrasi pesawat Garuda Indonesia SHUTTERSTOCK/EXPOSEIlustrasi pesawat Garuda Indonesia

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengatakan bakal mengajukan tiga nama calon Direktur Utama PT Garuda Indonesia ( Persero) kepada Tim Penilaian Akhir (TPA) yang diketuai Presiden Joko Widodo.

Ketiga nama tersebut nantinya akan melalui proses penilaian sebelum akhirnya ditetapkan pada Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) yang bakal dilakukan 22 Januari 2020.

"Nanti awal Januari akan diajukan tiga calon (ke TPA)," ujar Erick ketika ditemui awak media di Jakarta, Minggu (22/12/2019) malam.

Pergantian posisi Direktur Utama Garuda dilakukan untuk mengganti I Gusti Ngurah Askhara Danadiputra atau Ari Askhara yang dicopot lantaran kasus penyelundupan Harley Davidson dan dua sepeda Brompton.

Baca juga: Aset Garuda Tauberes yang Bikin Erick Thohir Geli Hanya Rp 1,87 Miliar

Selain Ari Askhara, empat direksi Garuda lainnya juga dicopot, yaitu Direktur Teknik dan Layanan Iwan Joeniarto, Direktur Kargo dan Pengembangan Usaha Mohammad Iqbal, dan Direktur Human Capital Heri Akhyar, dan Direktur Operasi Bambang Adisurya Angkasa.

Dengan demikian, saat ini hanya tersisa dua direksi, yaitu Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko Fuad Rizal dan Direktur Niaga Pikri Ilham Kurniansyah. Dewan Komisaris Garuda Indonesia pun menetapkan Ditektur Keuangan Garuda sebagai pelaksana tugas direktur utama perseroan.

"Garuda kan nanti direksinya pada minggu ketiga Januari. Sekarang sudah ada beberapa kandidat nanti proses sama," ujar dia.

Baca juga: Erick Thohir Ungkap Beratnya Jadi Dirut di Garuda Dibanding BUMN Lain

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X