Berkat Marketplace, Omzet Marissa Capai Rp 100 Juta Per Bulan

Kompas.com - 23/12/2019, 09:11 WIB
Jumlah seller Tokopedia di Indonesia lebih dari 7 juta. Mereka menjual lebih dari 200 juta jenis produk terdaftar dengan harga transparan. Dok TOKOPEDIAJumlah seller Tokopedia di Indonesia lebih dari 7 juta. Mereka menjual lebih dari 200 juta jenis produk terdaftar dengan harga transparan.

BANDUNG, KOMPAS.com – Hingga kini, jumlah seller Tokopedia di Indonesia lebih dari 7 juta. Mereka menjual lebih dari 200 juta jenis produk terdaftar dengan harga transparan.

“Kami telah menjangkau 97 persen kecamatan di Indonesia. 86,5 persen di antaranya adalah pebisnis baru dan 38,6 persennya kreator lokal,” ujar External Communications Lead Tokopedia, Ekhel Chandra Wijaya di Bandung, Minggu (22/12/2019).

Ekhel menjelaskan, di wilayah Jawa Barat, jumlah penjual Tokopedia meningkat 93 persen dibanding 2018. Tingkat penjualan dari Jabar ke provinsi lain mencapai 53 persen.

Salah satu kreator lokal yang terbantu Tokopedia adalah Marissa Haryati, pemilik Ini Kreasi. Ia menjual berbagai kreasi magnet kulkas, gantungan kunci, dan anting-anting berbentuk miniatur produk-produk kemasan.

“Perkembangan teknologi mempermudah kehidupan masyarakat, termasuk kami sebagai pegiat UMKM di Bandung, untuk dapat menciptakan peluang melalui platform teknologi seperti Tokopedia,” katanya.

Baca juga: Harbolnas, Shopee Raih Omzet Rp 1,3 Triliun dalam Waktu 24 Jam

Dengan platform digital tersebut, kini usahanya menjangkau masyarakat dari Sabang sampai Merauke cukup melalui genggaman tangan.

Marissa kini telah menjual lebih dari 8.000 produk di Tokopedia dan menciptakan lapangan pekerjaan baru, salah satunya bagi perajin lokal.

Sejak memulai usahanya, kini Marissa telah mempekerjakan 33 orang. Selain itu, Marissa bisa meraih omzet penjualan mencapai lebih dari Rp 100 juta per bulan.

Menurut riset Lembaga Penyelidikan Ekonomi dan Masyarakat Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (LPEM FEB UI), Tokopedia menciptakan 857.000 lapangan kerja baru.

Persebaran lapangan kerja tersebut meliputi beberapa wilayah Indonesia, seperti DKI Jakarta (207.117 lapangan kerja), Jawa Barat (172.348 lapangan kerja), Jawa Timur (112.488 lapangan kerja), Sumatera Utara (21.746 lapangan kerja), dan lainnya.

Baca juga: Dari Usaha Produk Sanitasi, Suharniyati Raup Omzet Rp 5 Juta Per Bulan



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X