Awali Pekan, Nilai Tukar Rupiah Menguat

Kompas.com - 23/12/2019, 09:37 WIB
Ilustrasi rupiah dan dollar AS THINKSTOCKSIlustrasi rupiah dan dollar AS

JAKARTA, KOMPAS.com - Nilai tukar rupiah terhadap  dollar AS pada pembukaan perdagangan di pasar spot pada Senin (23/12/2019) kembali mengalami penguatan tipis.

Mengutip data Bloomberg pada pukul 8.29 WIB, rupiah dibuka pada level Rp 13.968 per dollar AS atau menguat 10 poin sebesar 0,07 persen dibandingkan penutupan Jumat lalu, pada Rp 13.978 per dollar AS.

Kepala Riset Monex Investindo Futures Ariston Tjendra mengungkapkan penguatan rupiah hari ini akan disorong sentimen eksternal berupa kabar terbaru kesepakatan dagang AS dan China.

"Penguatan di bursa saham AS bisa menjadi indikasi bahwa sentimen positif sedang membayangi pergerakan aset berisiko. Pada Jumat malam, Presiden Trump memberikan kabar positif mengenai prospek implementasi kesepakatan dagang AS dengan China," kata Ariston kepada Kompas.com.

Baca juga: Tunggu Data BI, Gerak Rupiah Akan Terbatas

Kesepakatan dagang AS dan China akan diteken pada Januari 2020. Artinya kesepakatan dagang fase satu hamya akan menunggu 'legalitas' dalam beberapa pekan kedepan.

Baik China maupun AS, kini sudah berangsur-angsur saling mengurangi ketegangan dengan melakukan pengurangan tarif pada produk impor di negara msing-masing.

Ariston memproyeksikan hari ini rupiah akan bergerak pada level Rp 14.950 per dollar AS sampai dengan Rp 14.030 per dollar AS.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X