Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Simak, Ini Cara agar Terhindar dari Tawaran Perumahan Syariah Bodong

Kompas.com - 23/12/2019, 15:28 WIB
Rina Ayu Larasati,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Belakangan ini sedang ramai mengenai penipuan perumahan berbasis syariah.

Namun, bagaimana cara konsumen untuk terhindar dari perumahan syariah bodong?

Head Mortage Permata Bank, Dewi Damajanti Widjaja menjelaskan apa saja yang harus diperhatikan oleh konsumen sebelum membeli rumah berbasis syariah.

"Pertama harus dilihat, perumahan tersebut ada back up dari bank atau tidak, jadi jangan melihat dari brosur saja," ucap Dewi saat ditemui di Plaza Senayan, Senin (23/12/2019)

Baca juga: Laporan Konsumen Terkait Masalah Perumahan Terbanyak Diterima BPKN

Dewi melanjutkan, setelah melihat ada atau tidaknya bank yang sebaiknya konsumen kembali melakukan konfirmasi atau pengecekan ke bank tersebut.

"Dilihat itu perumahannya dimana lalu di cek ke bank yang terdekat dari lokasi, apakah benar ada kerja sama dengan developer tersebut atau melakukan pengecekan melalui call center banknya," ujarnya.

Diketahui, dalam dua bulan terakhir, Polda Metro Jaya mengungkap dua kasus penipuan penjualan rumah syariah di wilayah Jakarta dan sekitarnya.

Para tersangka menipu korbannya dengan modus yang sama, yakni penjualan rumah syariah tanpa riba, tanpa pengecekan Bank Indonesia (BI checking), tanpa bunga kredit, dan penawaran harga rumah yang murah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com