Tekan Konsumsi BBM, PLN Impor Mobil Listrik untuk Pejabat Seharga Rp 1 Miliar

Kompas.com - 23/12/2019, 18:30 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) baru saja mengimpor mobil listrik produksi Mitsubishi Outlander PHEV dengan harga Rp 1,289 miliar.

Mobil keluaran Jepang ini menjadi kendaraan dinas Pelaksana Tugas Direktur Utama PLN (Persero) Sripeni Inten Cahyani kala memasuki PLN Unit Induk Pusat Pengaturan Beban (UIP2B) Gandul Depok, Senin (23/12/2019).

"Ini sebenarnya untuk masa transisi, bagus mobil ini," kata Sripeni saat mengajak wartawan berkeliling menggunakan mobil tersebut.

Baca juga: Hidup Mati Mobil Listrik Eropa Bergantung Nikel

Sripeni mengungkapkan, dengan adanya mobil listrik bertenaga hybrit akan memudahkan transisi dari penggunaan BBM ke peggunaann mobil bertenaga listrik.

Hal ini mengingat teknologi yang digunakan mencakup dua alternatif.

"Transisi itu gini, kan fast charging tidak di semua tempat ya. Jadi kalau kita ngisi bensin kemudian ini jalan, bensin itu menggerakkan roda mesin untuk kemudian ngisi aki," ujarnya.

Sripeni kemudian menjelaskan mengenai teknologi mesin tersebut dimana mobil akan menjalankan sistem paralel dalam pengisia aki dan bensin.

"Jadi sebagian paralel, dia ngisi aki, ngisi bensin. Begitu akinya penuh, mesin mati. Langsung dipakai aki. Nah, aki pada waktu bergerak ini juga masuk. Jadi selanjutnya sudah jalan," jelasnya.

Baca juga: Luhut Ingin Hyundai Segera Bangun Pabrik Mobil Listrik di Karawang

Sripeni menyebut bensin yang digunakan dalam mobil adalah sebatas startup agar mobil bisa berjalan.

"Kemudian selama dia (mobil) jalan, dia (mesin) muter sebagian masuk ke charger sebagian untuk berjalan. Nanti kalau sudah penuh (charger), akan lepas nanti dipakai (baterai) terus," ungkapnya.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.