6 Tips Finansial Ini Bisa Jadi Resolusi Anda Sambut Tahun Baru

Kompas.com - 24/12/2019, 10:42 WIB
Ilustrasi uang shutterstockIlustrasi uang

JAKARTA, KOMPAS.com - Mungkin ini saatnya Anda memikirkan langkah yang bakal dicapai tahun 2020. Berkomitmen melakukan kebiasaan baik dalam keuangan di tahun 2020 menjadi salah satu yang paling dianjurkan.

Mulai dari menabung, berinvestasi, atau bahkan mengurangi pengeluaran sebagai tujuan keuangan jangka panjang. Tetapi, ada pula cara mengelola keuangan sederhana yang bisa Anda lakukan hanya dalam 1 tahun ke depan dan membuat perbedaan besar dalam hidup Anda.

Apabila Anda berhasil melakukannya, berarti resolusi tahun 2020 Anda akan tercapai dan berlanjut ke dalam pengelolaan uang yang lebih baik pada 2021.

Baca juga: Ingin Atur Keuangan? Gunakan 4 Macam Aplikasi Ini di Ponsel Anda

Dikutip CNBC, Selasa (24/12/2019), berikut ini 6 cara mengelola keuangan sederhana yang bisa Anda jadikan tujuan menyambut tahun 2020.

1. Tinjau keuangan bulanan

Meninjau keuangan bulanan nampaknya adalah tugas yang sangat mendasar. Namun sebenarnya meninjau keuangan adalah kunci utama untuk mengatahui ke mana uang Anda pergi. Dengan begitu Anda dapat mengalokasikannya dengan baik.

Saat Anda mencatat pengeluaran, kategorikan semua pengeluaran dengan masuk akal. Di akhir bulan, hitunglah total yang Anda habisnya di masing-masing kategori. Hal ini membuat Anda melihat jelas ke mana perginya uang itu selama ini.

Dengan cara itu pula, Anda tahu mana yang harus Anda kurangi atau mana yang seharusnya Anda arahkan.

Baca juga: Mau Kondisi Keuangan Moncer di 2020? Lakukan 4 Hal Ini Sekarang

2. Mulai serius bangun privasi dan keamanan online

Banyaknya pelanggaran data dan penipuan di era digital harusnya membuat Anda mulai serius membangun privasi dan memperkuat keamanan online. Sebab sangat penting secara proaktif melindungi data keuangan maupun data pribadi Anda.

Sebetulnya, ada sejumlah cara untuk melakukannya. Adapun yang paling mendasar meliputi:

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber CNBC
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X