Rekam Jejak Zulkifli Zaini, Gagal Jadi Ketua OJK, Berlabuh di PLN

Kompas.com - 24/12/2019, 15:47 WIB
Direktur Utama PLN yang baru, Zulkifli Zaini. IstimewaDirektur Utama PLN yang baru, Zulkifli Zaini.

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir telah menunjuk Zulkifli Zaini sebagai Direktur Utama PT PLN (Persero). Dia ditemani mantan Kepala SKK Migas Amien Sunaryadi sebagai Komisaris Utama PLN.

Zulkifli menempati posisi Dirut PLN menggantikan Sofyan Basir yang tersandung kasus di KPK. Sebelumnya, posisi puncak di PLN sempat diemban Sripeni Inten Cahyani sebagai pelaksana tugas (Plt).

Erick Thohir menyebut penunjukan Zulkifli karena rekam jejaknya yang tak perlu diragukan. Puluhan tahun berkarir sebagai bankir, jadi modalnya mengelola urusan setrum di Indonesia.

Pada tahun 2017, Zulkifli pernah mendaftar sebagai calon Ketua Dewan Otoritas Jasa Keuangan ( OJK).

Persaingan memperebutkan posisi di OJK sangat sengit. Ini terlihat dari nama-nama besar kandidat yang bersaing seperti Wimboh Santoso dan Sigit Pramono.

Namanya masuk dalam daftar calon yang lolos pada tahap keempat yang paniti seleksinya diketuai oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani, sebelum kemudian diserahkan ke Presiden Joko Widodo.

Baca juga: Kadin Pede Kinerja PLN Moncer di Tangan Zulkifli dan Amien

Belakangan di tahap selanjutnya, namanya terlempar dari daftar calon Dewan Komisioner OJK pilihan Presiden Jokowi yang diajukan ke DPR.

Zulkifli merupakan Direktur Utama Bank Mandiri pada periode 2010-2012. Lahir di Bukittinggi pada 1956 dan menyelesaikan pendidikan Sarjana Teknik dari Institut Teknologi Bandung (ITB) tahun 1980.

Dia juga memperoleh gelar MBA dari Washington University USA pada 1994. Dia memulai kariernya sebagai Civil & Structural Engineer pada Wiratman and Associate tahun 1980.

Karir bankir

Setelah itu, Zulkifli merintis kariernya di bidang perbankan sebagai Account Officer di Bank Pembangunan Indonesia (Bapindo) pada tahun 1988.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X