Harga Emas Sentuh Level Tertinggi dalam 8 Pekan Terakhir

Kompas.com - 24/12/2019, 16:51 WIB
Ilustrasi emas ShuterstockIlustrasi emas

JAKARTA, KOMPAS.com - Harga emas menguat ke level tertinggi dalam delapan pekan terakhir. Selasa (24/12/2019) pukul 15.40 WIB, harga emas spot berada di 1.490,82 dollar AS per ons troi, naik 0,34 persen dari 1.485,79 dollar AS per ons troi pada penutupan perdagangan kemarin. Harga emas menyentuh level tertinggi sejak 31 Oktober 2019.

Salah satu pemicunya adalah data ekonomi Amerika Serikat (AS) yang menurun. Data pesanan baru barang modal AS hanya bergerak tipis pada bulan November. Bahkan, pengiriman barang modal ini cenderung turun.

Data tersebut menunjukkan potensi penurunan investasi bisnis yang bisa menekan laju pertumbuhan ekonomi kuartal keempat ini.

Baca juga: Generasi Milenial Perlu Investasi Emas, Ini Alasannya

"Data ekonomi AS yang lebih lemah bermunculan sehingga ada kekhawatiran bahwa tarif impor yang berlaku saat ini akan tetap memberatkan ekonomi AS tahun depan," kata Stephen Innes, market strategist AxiTrader kepada Reuters.

Kanada pun turut mengungkit harga emas dengan angka ekonomi yang kontraksi 0,1% pada bulan Oktober. Ini adalah penurunan bulanan pertama sejak Februari 2019. Penurunan terjadi sebagian karena mogok kerja sektor otomotif yang menghantam sektor manufaktur.

"Kita belum 100 persen merampungkan kesepakatan fase satu karena belum ditandatangani. Lalu kita akan bergerak ke fase dua yang belum jelas soal apa," imbuh Innes.

Harga emas mencatat kenaikan terbesar sejak 2010. Sepanjang tahun ini, harga logam mulia tersebut sudah naik 16 persen, terutama karena kenaikan tarif saat perang dagang AS-China memanas. (Wahyu Tri Rahmawati)

Baca juga: Rekam Jejak Zulkifli Zaini, Gagal Jadi Ketua OJK, Berlabuh di PLN

Artikel ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul: Harga emas menyentuh level tertinggi dalam dua bulan terakhir



Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X