Ini Cara Pertamina agar Pengendara Kurangi Transaksi dengan Uang Tunai

Kompas.com - 24/12/2019, 20:39 WIB
Direktur Pemasaran Retail PT Pertamina, Masud Khamid berbincang kepada customer di SPBU KM 57 Cikampek, Selasa (24/12/2019). KOMPAS.com/ADE MIRANTI KARUNIA SARIDirektur Pemasaran Retail PT Pertamina, Masud Khamid berbincang kepada customer di SPBU KM 57 Cikampek, Selasa (24/12/2019).

SEMARANG, KOMPAS.com - PT Pertamina (Persero) Tbk menawarkan sejumlah promo dalam program Berkah Energi Pertamina II.

Promo ini ditujukan untuk memacu pengendara agar menggunakan transaksi pembayaran non tunai. Pasalnya, transaksi konsumen Pertamina masih didominasi penggunaan uang tunai.

Direktur Pemasaran Retail Pertamina, Mas'ud Khamid mengatakan, program Berkah Energi Pertamina II tersebut baru akan terlaksana pada awal Januari 2020.

"Khusus Berkah Energi ke depan tahun 2020, poin akan kita berikan khusus yang membeli Pertamax, Pertamax Turbo, Dexlite, dan seterusnya. Khusus pembeli Premium, Solar, Pertalite dan seterusnya yang menggunakan LinkAja kita akan berikan poin," katanya ditemui dalam kunjungannya tiap SPBU Tol Trans Jawa, Selasa (24/12/2019).

Baca juga: Pertamina Siapkan 200 Motor untuk Antar BBM Saat Macet Parah

Pertamina masih menggandeng LinkAja dalam proses transaksi pembayaran non tunai.

Pihaknya belum ada wacana untuk melibatkan aplikasi transaksi digital lainnya, seperti Gopay, OVO, dan Dana untuk pembayaran pembelian BBM jenis apapun.

"Jadi mereka dapat poin bukan karena beli literannya, tetapi mereka transaksinya menggunakan non tunai," ujarnya

Selain itu, stimulus perseroan untuk meminimalisir penggunaan uang tunai yaitu memberikan sejumlah hadiah bagi para pengendara yang menggunakan transaksi non tunai melalui LinkAja dan MyPertamina

"Nanti kita juga akan bikin hadiah mingguan yang transaksinya lewat non tunai nanti kita berikan. Formulanya sedang dibikin, awal Januari sudah bisa meluncur," ucapnya.

Baca juga: Libur Nataru, Pertamina Tambah 25 Persen Pasokan BBM di Jalan Tol

Dengan demikian, Mas'ud menegaskan kepada seluruh SPBU Pertamina, agar mulai mengedukasi kepada pengendara untuk menggalakan gerakan non tunai. "Intinya mari bareng-bareng menjalankan gerakan non tunai supaya semua jadi efisien dan terekam," imbaunya.

Sementara itu, kepada pengendara yang ditemui di SPBU, Mas’ud Khamid mengingatkan bila membutuhkan informasi tentang lokasi SPBU atau ada kendala di perjalanan, mereka bisa menghubungi Pertamina Call Center 135 atau dapat men-download aplikasi MyPertamina di gadget masing-masing.

Saat ini, masyarakat pun dapat bertransaksi di SPBU sekalipun tanpa membawa uang cash dengan beragam promo menarik menggunakan LinkAja yang sudah terhubung dengan aplikasi My Pertamina.

"Semoga upaya yang dilakukan Pertamina ini akan memberikan kenyamanan bagi seluruh masyarakat Indonesia," ujarnya.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X