Ryan Filbert

Ryan Filbert merupakan praktisi dan inspirator investasi Indonesia. Penerima Penghargaan Tokoh Inspiratif Pasar Modal oleh Presiden Joko Widodo

Beli Saham IPO Selalu Untung? Cek Faktanya

Kompas.com - 25/12/2019, 06:47 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

LISTING  atau dikenal dengan istilah Initial Public Offering (IPO) adalah pencatatan saham perdana perusahaan di bursa efek.

Dengan demikian saham perusahaan yang bersangkutan diperjualbelikan di pasar saham, dalam hal ini di Bursa Efek Indonesia (BEI) mulai dari jam 9.00-16.00 WIB.

Ada fenomena yang menyatakan bahwa saham perusahaan IPO "pasti naik". Anggapan itu karena umumnya saham perusahaan tersebut bagus untuk diinvestasikan dan peminatnya tinggi.

Mari kita lihat.

Apakah ada berita bagus pada saham IPO?

Data historis saham IPO:

1. Tahun 2017 ada 37 saham IPO, dan ada dua saham yang turun di hari pertama perdagangannya, yaitu CARS dan PPRE.

2. Tahun 2018 ada 58 saham IPO, dan ada tiga saham yang turun di hari pertama perdagangannya, yaitu HEAL, MDKE, dan CAKK.

3. Tahun 2019 (sampai dengan 10 Desember 2019) ada 52 saham IPO, dan ada tiga saham yang turun di hari pertama perdagangannya, yaitu CCSI, IPTV, dan BAPI.

Rata-rata kenaikan seluruh saham IPO di hari pertama dari tahun 2017-2019 adalah 46 persen.

Apa kabarnya harga saham-saham tersebut seiring berjalan waktu dari tahun ke tahun?

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.