Hemat di Akhir Tahun, Jangan Berlebihan Beli 3 Produk Ini

Kompas.com - 25/12/2019, 09:07 WIB
Ilustrasi belanja SHUTTERSTOCKIlustrasi belanja
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Libur panjang akhir tahun biasanya dimanfaatkan setiap orang berburu diskon di sejumlah pusat perbelanjaan.

Namun terkadang orang lupa, diskon justru membuatnya boros saat kalap belanja. Bukannya makin hemat, Anda justru kehabisan uang tabungan.

Sebetulnya, Anda harus menahan diri untuk membeli barang yang dirasa cukup membuat kantong jebol.

Baca juga: Hemat itu Bukan Pelit, Begini Cara Menyiasatinya

Artinya, boleh-boleh saja membeli barang untuk mengapresiasi jerih payah, tapi tentu harus diperhatikan juga kemampuan finansial Anda.

Miliarder seperti Jay Leno, Graham Stephan, dan Barbara Corcoran yang mampu membeli banyak hal pun mencoba untuk menghemat pengeluaran dengan menahan diri membeli beberapa produk.

Dikutip CNBC, Rabu (25/12/2019), inilah 3 produk utama yang dihindari 3 miliarder itu, yang mungkin bisa Anda ikuti guna menghemat pengeluaran di libur akhir tahun.

Baca juga: Anda Shopaholic? Yuk Intip Trik Belanja Biar Hemat

1. Belanja pakaian

Miliarder Jay Leno menolak untuk membelanjakan uangnya untuk pakaian. Mantan pembawa acara Tonight Show ini lebih suka mengumpulkan mobil ketimbang membeli pakaian. Dia hanya memiliki pakaian sesuai kebutuhannya dan merasa cukup untuk itu.

"Aku hanya tidak tertarik pada pakaian. Bagiku (membeli pakaian) sepertinya hanya membuang-buang uang. Saya hanya ingin memiliki pakaian yang cukup untuk menutupi bagian mana yang harus saya tutupi secara legal," tutur Leno.

2. Beli Kopi

Aktor dan Youtuber Graham Stephan yang berpenghasilan 220.000 dollar AS per bulan atau setara dengan Rp 3,08 miliar (kurs Rp 14.000) justru memilih membuat kopinya di rumah alih-alih membeli kopi di kafe kekinian.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber CNBC
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X