Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hemat di Akhir Tahun, Jangan Berlebihan Beli 3 Produk Ini

Kompas.com - 25/12/2019, 09:07 WIB
Fika Nurul Ulya,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

Sumber CNBC

JAKARTA, KOMPAS.com - Libur panjang akhir tahun biasanya dimanfaatkan setiap orang berburu diskon di sejumlah pusat perbelanjaan.

Namun terkadang orang lupa, diskon justru membuatnya boros saat kalap belanja. Bukannya makin hemat, Anda justru kehabisan uang tabungan.

Sebetulnya, Anda harus menahan diri untuk membeli barang yang dirasa cukup membuat kantong jebol.

Baca juga: Hemat itu Bukan Pelit, Begini Cara Menyiasatinya

Artinya, boleh-boleh saja membeli barang untuk mengapresiasi jerih payah, tapi tentu harus diperhatikan juga kemampuan finansial Anda.

Miliarder seperti Jay Leno, Graham Stephan, dan Barbara Corcoran yang mampu membeli banyak hal pun mencoba untuk menghemat pengeluaran dengan menahan diri membeli beberapa produk.

Dikutip CNBC, Rabu (25/12/2019), inilah 3 produk utama yang dihindari 3 miliarder itu, yang mungkin bisa Anda ikuti guna menghemat pengeluaran di libur akhir tahun.

Baca juga: Anda Shopaholic? Yuk Intip Trik Belanja Biar Hemat

1. Belanja pakaian

Miliarder Jay Leno menolak untuk membelanjakan uangnya untuk pakaian. Mantan pembawa acara Tonight Show ini lebih suka mengumpulkan mobil ketimbang membeli pakaian. Dia hanya memiliki pakaian sesuai kebutuhannya dan merasa cukup untuk itu.

"Aku hanya tidak tertarik pada pakaian. Bagiku (membeli pakaian) sepertinya hanya membuang-buang uang. Saya hanya ingin memiliki pakaian yang cukup untuk menutupi bagian mana yang harus saya tutupi secara legal," tutur Leno.

2. Beli Kopi

Aktor dan Youtuber Graham Stephan yang berpenghasilan 220.000 dollar AS per bulan atau setara dengan Rp 3,08 miliar (kurs Rp 14.000) justru memilih membuat kopinya di rumah alih-alih membeli kopi di kafe kekinian.

Baca juga: Promo Tiket Ancol untuk Liburan Akhir Tahun, Ada Paket Atlantis

"Saya pikir markup kopi di Starbucks dan Coffee Bean dan banyak tempat di luar sana benar-benar menggelikan, jadi saya membuatnya di rumah," kata dia.

Sama seperti Leno, dia juga tidak ingin mengeluarkan banyak uang untuk pakaian. Alih-alih membeli pakaian desainer dengan harga fantastis, Stephan bakal mencari harga yang lebih murah untuk sebuah pakaian.

“Pakaian desainer adalah salah satu hal yang saya tidak akan pernah menghabiskan uang. Saya hanya tidak melihat gunanya menghabiskan 700 dollar AS untuk sepatu Gucci ketika Anda bisa pergi ke Aldo atau Call It Spring atau H&M dan mendapatkan sepatu yang sangat mirip dengan harga satu per seratus," ucapnya.

Baca juga: Dari Daging hingga Pampers, Simak Promo Giant di Libur Panjang Akhir Tahun

3. Hindari penerbangan first class

Barbara Corcoran mengaku tak ingin membayar kursi first class saat menggunakan maskapai penerbangan. Sebab menurutnya naik pesawat saja masih terasa memperoleh hak istimewa.

Bintang Shark Tank ini bertahan dengan menaiki kslas ekonomi tiap kali menggunakan maskapai penerbangan.

"Saya tidak akan pernah menghabiskan uang untuk kelas bisnis atau tiket kelas satu. Lupakan saja. Saya hanya tidak bisa mengerti itu," ucap miliarder yang berhasil mendapat peruntungan di bisnis properti itu.

Baca juga: Promo Superindo Akhir Pekan Ini, Ada Diskon Hingga 50 Persen

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber CNBC
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com