Kompas.com - 26/12/2019, 05:09 WIB
Ilustrasi tiket pesawat THINKSTOCKIlustrasi tiket pesawat

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama mengatakan tahun 2019 ini jumlah wisatawan mancanegara diprediksi hanya akan mencapai 16,3 juta.

Sementara pemerintah menargetkan hingga akhir tahuwn jumlah wisatawan asing bisa mencapai 18 juta.

Untuk itulah pihaknya ssaat ini tengah berupaya untuk bisa meningkatkan jumlah wisman tahun depan. Salah satu caranya adalah dengan menurunkan harga tiket pesawat. Sebab dia menilai harga tiket pesawat yang mengalami peningkatan tajam sejak awal tahun menjadi salah satu penyebab jumlah wisatawan asing yang menyambangi RI mentok di 16 juta.

"Saya, Menteri Perhubungan (Budi Karya Sumadi), Menteri BUMN (Erick Thohir) akan mereview semuanya, possibility kita (untuk) menekan harga tiket pesawat," ujarnya ketika ditemui di Jakarta, Rabu (25/12/2019).

Baca juga: Harga Tiket Masuk ke Ragunan, Ini Rinciannya

Sebelumnya, PT Angkasa Pura II (Persero) juga sempat mengungkapkan terjadi penurunan pergerakan penumpang di 16 bandaranya di Indonesia. Sepanjang tahun 2019, AP II mencatat telah melayani 90,5 juta penumpang. Angka tersebut turun 18,5 persen jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya yang mencapai 112,6 juta penumpang.

Penurunan okupansi penumpang di bandara tersebut tak lain disebabkan oleh harga tiket pesawat yang masih tinggi. Namun demikian, Wishnutama mengatakan untuk bisa menurunkan tarif tiket pesawat bukan perkara mudah. Sebab, ada banyak komponen dalam menetapkan tiket pesawat dari mulai harga avtur hingga pajak dan sebagainya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Salah satu faktor utamanya kan harga tiket, itu juga ada laporannya untuk AP2 untuk soal masalah turunnya jumlah okupansi. Dan ini bukan kerja yang sederhana," ujar Wishnutama

"Karena kan kompleks ya macam-macam ada pengaruh harga avtur leasing dan sebagainya. Jadi kita harus lihat secara komprehensif gimana cara menekan harga tiket agar kompetitif," lanjut dia.

Baca juga: Promo Tiket Ancol untuk Liburan Akhir Tahun, Ada Paket Atlantis



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.