Pendiri The Goods Dept Leonard Theosabrata Dilantik Jadi Dirut Smesco

Kompas.com - 26/12/2019, 12:47 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki melantik Direktur Utama SMESCO Indonesia (Lembaga Layanan Pemasaran Koperasi dan UKM) Leonard Theosabrata hari ini, Kamis (26/12/2019) di Gedung Smesco Jakarta Selatan.

Teten menilai, Leonard memiliki kompetensi yang baik untuk menjalankan jabatannya sebagai Dirut Smesco.

Adapun beberpa pencapaian yang telah diraih oleh Leonard seperti produk Accupunto sebagai merek lndonesia pertama yang mendapatkan Red Dot Design Award.

Selain itu, peran Leonard dalam jaringan ritel dan kafe The Goods Dept yang sudah tersebar di beberapa mal di Jakarta.

Leonard juga aktif memberi workshop dan melatih ribuan peserta berbayar untuk meningkatkan keterampilan usaha, sampai dengan Jakarta Creative Hub sebagai simpul kreatif bagi para kreator di Jakarta, dan masih banyak lagi.

Baca juga: Kemenkop dan UKM Perkuat Sinergi dan Konsolidasi Pengembangan UMKM

Di sisi lain, Leonard mempersiapkan perencanaan adanya Makerspace (Collective Studio), aktivitas edukasi, link and match, coworking area, galeri ritel, event area, food & beverage area, legal corner, hingga consulting area.

"Fokus Smesco di gedung yang luar biasa besar ini, kita akan mengakomodasi semua UKM yang memberikan contoh, jadi saya pikir ini konteksnya future 10 tahun," ungkap Leonard.

Teten mengatakan, ke depannya Smesco akan difokuskan menjadi center of excellence dan commercial hub bagi para pelaku UKM Indonesia.

"Ini meliputi riset dan pengembangan, pengembangan SDM, penguatan proses produksi, juga pemetaan kebutuhan pasar secara holistik dan seluruh elemen pendukungnya. Termasuk tren, persyaratan administrasi ekspor, dan Iainnya," kata Teten.

Baca juga: Menelusuri Geliat UKM, Tulang Punggung Perekonomian Indonesia

Teten menyebut dengan pengangkatan Leonard, Smesco akan diperkuat sebagai fungsi simpul komersial dengan ragam program link and match dengan pembeli lokal sampai dengan global, serta sebagai wadah silaturahmi kolaborasi para pelaku UKM.

Untuk berkonsolidasi, tidak menutup kemungkinan untuk membentuk koperasi-koperasi modern di antara para pelaku yang menggerakkan aktivitas di Smesco.

Teten pun terus mendorong untuk pencapaian UMKM naik kelas secara nyata. Pemerintah menargetkan nilai ekspor produk UKM, yang saat ini hanya 14,5 persen meningkat menjadi 30 persen pada tahun 2024.

"Smesco diharapkan semakin ramai pengunjungnya dan dapat terus memfasilitasi para pelaku UKM dengan aneka program dan kontennya. Smesco pun dapat menjadi simbol kerja sama lintas stakeholder dari UKM Indonesia sampai mengantarkannya ke pasar global dan memenangkannya," jelas Teten.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.