Leonard Theosabrata Ingin Sulap Gedung Smesco Jadi Kampus UKM

Kompas.com - 26/12/2019, 14:35 WIB
Dirut Smasco Leonard Theosabrata (kiri) di Jakarta, Kamis (26/12/2019) KOMPAS.com/Kiki SafitriDirut Smasco Leonard Theosabrata (kiri) di Jakarta, Kamis (26/12/2019)
Penulis Kiki Safitri
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Utama SMESCO Indonesia yang baru saja dilantik, Leonard Theosabrata, mengaku akan fokus pada pengembangan Gedung Smesco.

Ia ingin 'menyulap' Gedung Smesco menjadi layaknya kampus bagi para pelaku UKM di Indonesia sehingga bisa mengembangkan bisnis lebih baik, bahkan go internasional. 

"Kebetulan fasilitas sudah ada, dalam bentuk gedung Smesco ini. Jadi kami tinggal menggerakkan, memberikan program yang baik dan menjadikan ini sebagai kampus," kata Leonard di Gedung Smesco, Jakarta Selatan, Kamis (26)12/2019).

Saat ini kata Leonard, UKM butuh eksistensi dan tidak bisa menjalankan bisnisnya sendiri. Salah satu caranya yakni dengan memanfaatkan fasilitas yang ada di Gedung Smesco.

Baca juga: Pendiri The Goods Dept Leonard Theosabrata Dilantik Jadi Dirut Smesco

Dengan adanya kampus UKM di gedung Smesco, Leonard akan membantu para pengusaha UKM untuk meningkatkan daya saing produk.

Selain itu Smesco bisa memberikan pendidikan dan pengajaran di lingkup UKM melalui beragam acara pelatihan dan diskusi.

"Secara akademis kami akan bantu. Jadi edukasinya kami bantu secara komersialnya, trading house kami bantu, sehingga mereka bisa menjadi UKM yang unggul baik di lokal maupun bisa
go internasional," kata Leonard.

Baca juga: Menkop Ingin Smesco Jadi Mall Khusus UKM

Leonard percaya dengan adanya pelatihan, peningkatan kualitas UKM bisa dioptimalkan. Oleh karena itu penting untuk menetapkan fokus pencapaian pada masa depan UKM di Indonesia.

"Walaupun waktunya mungkin tidak banyak, jadi kita harus bekerja dengan sangat keras. Tapi yang kita percaya tempat ini mampu mengangkat UKM Indonesia ke masa depan. Jadi tugasnya adalah membina yang sekarang tapi menciptakan future UKM ke masa depan," jelasnya.

Di sisi lain, Leonard tak percaya bahwa kinerjanya sebagai pengusaha di sektor swasta bisa dilirik pemerintah untuk dipercaya membantu sektor UKM di Indonesia.

Baca juga: Erick Thohir: Sarinah akan Dijadikan Pusat UMKM

"Jadi saya kira ini kesempatan luar biasa untuk bisa memberikan kontribusi kepada pemerintah untuk masuk dalam sistem, dan membantu UKM di Indonesia yang merupakan tulang punggung daripada ngara ini," kata Leonard.

Leonard dikenal merupakan pelaku bisnis yang bergerak di jaringan ritel dan kafe The Goods Dept yang sudah tersebar di beberapa mal di Jakarta.

Leonard juga aktif memberi workshop dan melatih ribuan peserta berbayar untuk meningkatkan keterampilan usaha, sampai dengan Jakarta Creative Hub sebagai simpul kreatif bagi para kreator di Jakarta, dan masih banyak lagi.

Baca juga: Ini Daftar Miliarder Dunia Paling Untung dan Buntung di Tahun 2019



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X