Menkop Ungkap Strategi Dorong Ekspor Produk UKM

Kompas.com - 26/12/2019, 18:10 WIB
Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki di Jakarta, Kamis (26/12/2019) KOMPAS.com/Kiki SafitriMenteri Koperasi dan UKM Teten Masduki di Jakarta, Kamis (26/12/2019)
Penulis Kiki Safitri
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mengungkapkan strategi pemerintah mendorong produk-produk UKM agar bisa diekspor.

"Strateginya kita lihat dulu market analisisnya di luar apa yang sebenarnya sekarang sedang growth. Dari situ kita akan fokus mengembangkan kemampuan produksinya," kata Teten di Gedung Smesco, Jakarta Selatan, Kamis (26/12/2019).

Teten mengatakan, Presiden Joko Widodo menginstruksikan agar ekspor produk UKM naik dua kali lipat pada 2024.

Baca juga: Leonard Theosabrata Ingin Sulap Gedung Smesco Jadi Kampus UKM

Maka dari itu, pihaknya akan menyiapkan segala macam halnya agar produk lokal siap memasuki pasar global. Hal ini bisa dilakukan melalui kerja sama dengan mitra dagang.

"Ada yang bisa dikerjasamakan, dimitrakan dan ada juga yang kecil-kecil yang produknya terpencar nanti kita konsilisdasi," kata Teten.

Adapun beragam produk yang diminta oleh pasar global cukup banyak dan sudah di identifikasi oleh Kementerian UKM.

Baca juga: Tingkatkan Daya Saing, Teten Masduki Sebut UKM Harus Paham Digital

 

Adapun produknya seperti produk laut dan hasil-hasil laut, seperti rumput laut, udang, lobster dan kepiting ranjungan.

"Produk holtikultura (yang diminati pasar global) seperti buah segar, itu banyak sekali. Lalu home dekorasi seperti furniture, pajangan, kerajinan, termasuk perhiasan, perak, dan emas. Kuliner sudah pasti, muslim fashion termasuk juga halal food," jelasnya.

Teten mengungkapkan, saat ini Kemenkop sudah memiliki Pusat Logistik Berikat (PLB E-commerce) untuk ekspor.

Baca juga: Menteri Koperasi dan UKM Panggil Bos Bukalapak, Bahas Apa?

Ke depannya, ia mengatakan akan dibicarakan dengan Kementerian Koordinator Perekonomian terkait dengan kantor bersama untuk UKM.

"Jadi saya kira banyak sekali opportunity di tengah ekonomi dunia yang sedang lesu, permintaan produk UMKM, justru mempunyai oppurtunity yang sangat besar. Jadi ini yang kita akan fokus," kata dia.

Baca juga: Edhy Prabowo Soal Ekspor Benih Lobster: Belum Ada Keputusan Final



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X