Tiga Cara Berkeliling Dunia Tanpa Harus Menguras Dompet

Kompas.com - 27/12/2019, 07:21 WIB
Ilustrasi liburan SHUTTERSTOCK/SEBRAIlustrasi liburan

NEW YORK, KOMPAS.com - Libur akhir tahun banyak dimanfaatkan oleh banyak orang atau keluarga. Kesempatan ini banyak dimanfaatkan untuk berkumpul bersama, bermain ataupun liburan.

Liburan juga menjadi salah satu pilihan yang tepat untuk dilakukan banyak orang sebagai bentuk hadiah atas diri sendiri setelah bekerja keras selama setahun.

Dikutip dari CNN, Jumat (27/12/2019) ada tiga cara yang dapat dilakukan ketika ingin liburan keliling dunia tanpa membuat dompet menjerit.

1. Menabung dan berhemat

Daniel Kopp, seorang pilot, mengambil cuti selama delapan bulan setelan meninggalkan Angkata Udara. Ia berlibur dengan mobil RV bersama keluarganya.

Kopp menabung tak sampai 30.000 dollar AS atau setara sekira Rp 420 juta selama tiga tahun untuk menjembatani antara pendapatan dan pengeluaran.

Kopp membeli mobil RV sebagai tempat tinggalnya selama berlibur. Untuk memperoleh penghasilan tambahan, ia menyewakan rumahnya selama liburan. 

Dia juga mendaftarkan diri pada sebuah program asuransi.

Baca juga: Tips Hemat Liburan Seru

2. Buat daftar pengeluaran

Penting untuk membuat rincian pengeluaran. Menurut analis keuangan Lisa Mesquit dari Soaring Investment Management, orang-orang sering lupa mengalokasikan dana sesuai dengan anggaran. 

Akibatnya, ketika liburan usai, ia kesulitan dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari.

3. Sesuaikan dengan pekerjaan 

Kalau pekerjaan Anda tak dapat dilakukan dari jarak jauh, maka Anda perlu ambil pekerjaan yang sifatnya kontrak atau freelance. Sehingga, liburan tak mengganggu pekerjaan Anda. 

Lauren dan Steven, pasangan dari AS, melakukan liburan yang sangat panjang. Namun, mereka bekerja sebagai guru dan bagian keuangan yang semuanya dikerjakan secara online.

Selepas liburan, pasangan ini kembali bekerja penuh di Florida. 

Baca juga: Tetap Kerja Saat Liburan, Simak 5 Hal Ini Agar Tetap Waras

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber CNN
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X