Penurunan Bea Masuk Impor Untungkan Produk UKM, Mengapa?

Kompas.com - 27/12/2019, 10:18 WIB
Ilustrasi impor SHUTTERSTOCKIlustrasi impor

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki menilai penurunan bea masuk impor berdampak positif pada penjualan produk UKM yang dijual melalui e-commerce.

"Tentu itu penurunan de minimis dari 75 dollar AS ke 3 dollar AS, ini pasti akan memberikan keuntungan pada produk-produk UKM terutama yang dijual lewat e-commerce," kata Teten di Gedung Smesco, Jakarta Selatan, Kamis (26/12/2019).

Sebelumnya, Kementerian Keuangan melalui Direktorat Jenderal Bea dan Cukai menurunkan ambang batas pembebasan bea masuk untuk transaksi via e-commerce dari 75 dollar AS menjadi 3 dollar AS.

Baca juga: Gara-gara Bea Masuk Barang E-commerce, Sri Mulyani Dapat Petisi

Artinya, produk-produk luar negeri yang dibeli melalui e-commerce mulai dari harga 3 dollar AS atau Rp 42.000 (asumsi Rp 14.000 per dollar AS) sudah dikenai pajak dan bea masuk.

Teten menyebut, dengan adanya de minimis 75 dollar AS, maka produk UKM di Indonesia mampu bersaing dan perlahan bisa sejajar dengan produk impor.

"Kan selama ini produk impor yang masuk di e-commerce menjadi sangat murah. Dengan de minimis yang 75 dollar AS produk UKM kita bisa bersaing," kata Teten.

Adapun yang akan dilakukan untuk menyejajarkan produk lokal dan produk impor adalah meningkatkan produksi barang lokal.

"Jadi ini termasuk usulan dari Kementerian (Koordinator Bidang) Perekonomian dan usulan kita juga supaya ada produk UKM kita bisa bersaing dengan menaikkan produksi barang UKM," ujarnya.

Baca juga: Siap-siap, Beli Barang Impor di E-commerce Rp 42.000 Kena Bea Masuk

Adapun menurut Teten, dengan menaikkan produksi barang UKM, mampu mengurangi ketergantugan terhadap barang impor.

Ia mencontohkan, alat-alat pertanian seperti cangkul yang bisa diproduksi secara lokal mampu bersaing terhadap barang produk cangkul impor. Selain itu ada juga susu, jagung, beras dan garam.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X