Ingin Kaya di 2020? Stop 5 Kebiasaan Ini

Kompas.com - 27/12/2019, 10:55 WIB
Ilustrasi investasi. SHUTTERSTOCKIlustrasi investasi.

NEW YORK, KOMPAS.com - Tahun 2020 segera dimulai dan sudah saatnya Anda mempersiapkan diri dengan resolusi. Tak hanya itu, pastilah Anda memiliki ambisi yang ingin diraih pada tahun 2020.

Salah satunya adalah memupuk kekayaan. Nah, untuk mewujudkannya, ada 5 hal yang sebaiknya Anda stop lakukan mulai dari sekarang.

Dilansir dari CNBC, Jumat (27/12/2019), hentikan 5 kebiasaan ini jika Anda ingin membangun kekayaan di tahun 2020 mendatang.

1. Tidak menabung untuk pensiun

Masa pensiun memang tampaknya masih lama bagi Anda. Akan tetapi, semakin lama Anda menunda berinvestasi atau menabung untuk pensiun, maka semakin sulit kehidupan saat pensiun nanti.

Oleh karena itu, mulailah menabung untuk masa pensiun. Idealnya, Anda harus menabung paling tidak 10 persen dari penghasilan Anda sebelum pajak.

Akan tetapi, jika Anda tak mampu dengan angka itu, mulailah saja dengan 1 persen, kemudian naikkan persentasenya secara bertahap sesuai kemampuan Anda.

Baca juga: Tak Punya Dana Pensiun? Ini Tips Jitu dari Warren Buffett untuk Simpanan Hari Tua

2. Membayar minimum kartu kredit

Sejumlah kartu kredit hanya mewajibkan Anda membayar minimum setiap bulan. Penawaran ini memang menggiurkan, khususnya apabila anggaran Anda pas-pasan.

Akan tetapi, jangan mudah terkecoh. Menyimpan saldo kartu kredit bukan hanya berarti Anda dalam kondisi berutang lebih lama, namun juga Anda bisa terdampak biaya bunga yang besar.

Oleh karena itu, ubahlah kebiasaan ini pada tahun 2020. Cara mudahnya adalah dengan autodebet pembayaran kartu kredit.

3. Hidup dari gaji ke gaji

Jika pengeluaran Anda setara penghasilan atau lebih, maka Anda hidup dari gaji ke gaji. Kebiasaan ini bisa dengan mudah membuat Anda terlilit utang kartu kredit.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Sumber CNBC
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X