Soal Jiwasraya Beli Saham Perusahaan Erick Thohir, Ini Kata Jubir BUMN

Kompas.com - 27/12/2019, 11:33 WIB
Ilustrasi Jiwasraya KONTAN/Cheppy A. MuchlisIlustrasi Jiwasraya

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Asuransi Jiwasraya diketahui sempat membeli saham perusahaan yang didirikan Menteri BUMN Erick Thohir, yakni PT Mahaka Media Tbk ( ABBA). Saat itu, manajemen Jiwasraya membeli saham ABBA hampir Rp 15 miliar.

“Mengenai saham ABBA (Mahaka) yangg dibeli Jiwasraya, perlu kami jelaskan kalau itu dibeli oleh Jiwasraya sekitar 23 Januari 2014. Saham yang dibeli sekitar hampir Rp 15 miliar, yaitu 14,9 miliar dengan harga saham saat itu Rp 95,” ujar Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga dalam keterangan tertulisnya, Jumat (27/12/2019).

Menurut Arya, tidak sampai satu tahun, manajemen Jiwasraya langsung melepas kembali saham ABBA. Dari penjualan saham tersebut, Jiwasraya mendapatkan keuntungan.

Baca juga: OJK soal Gagal Bayar Jiwasraya: Enggak Apa, yang Penting Cari Jalan Keluar

“Kemudian Jiwasraya menjual saham tersebut dua kali, pada 17 Desember 2014, jadi enggak sampai setahun. Nilainya Rp 11 miliar lebih itu dengan harga saham Rp 114. Kemudian hari yang sama, dia jual juga Rp 6 miliar di harga saham Rp 112,” kata Arya.

Atas dasar itu, Arya membantah jika ada yang menyebut Jiwasraya rugi usai membeli saham ABBA.

“Keuntungan Rp 2,8 miliar ketika beli saham ?ABBA? atau untung 18 persen lebih. Jadi enggak sampai setahun ketika beli saham Mahaka, Jadi beda dengan saham gorengan ya. Itu melebihi bunga bank, bahkan lebih dari JS Saving Plan,” ucap dia.

Baca juga: Berkaca Kasus Century, Mungkinkah Pemerintah Bailout Jiwasraya?

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X