Facebook Gagal dalam Proyek Mata Uang Libra?

Kompas.com - 28/12/2019, 13:32 WIB
Facebook Perkenalkan Libra KOMPAS.com/Akbar Bhayu TamtomoFacebook Perkenalkan Libra

NEW YORK, KOMPAS.com - Facebook dinilai telah gagal dalam membentuk jenis mata uang kripto ( cryptocurrency) bernama Libra.

Hal ini disampaikan oleh Presiden Swiss Ueli Maurer, seperti dilansir dari CNBC, Sabtu (28/12/2019).

Proyek Libra dari Facebook dinilai mengalami kegagalan dalam bentuknya saat ini. Maka dari itu, Maurer menyebut mata uang ini butuh pengerjaan ulang agar bisa disetujui oleh regulator.

"Saya pikir, Libra tidak memiliki peluang dalam bentuknya saat ini, karena bank sentral tidak akan menerima sekeranjang mata uang itu. Proyek, dalam bentuk ini, telah gagal," kata Maurer.

Baca juga: Visa dan Mastercard Tak Lagi Dukung Libra, Ada Apa?

Meski demikian, pihak Facebook untuk mata uang kripto Libra tidak segera menanggapi komenter Ueli tersebut.

Rencananya, mata uang digital Facebook ini yang akan dikeluarkan dan diatur oleh Libra Association yang berbasis di Jenewa.

Namun hal ini telah menimbulkan kekhawatiran di antara para regulator dan politisi mulai dari privasi hingga potensinya untuk memengaruhi kebijakan moneter dan mengubah lanskap keuangan global.

Pejabat yang menjalankan proyek ini, termasuk co-creator David Marcus dari Facebook, mengatakan hambatan regulasi bisa membuat peluncuran Libra tertunda dan melewati jadwal yang ditetapkan sebelumnya yakni Juni 2020.

Baca juga: Mata Uang Virtual Libra Perlu Diwaspadai, Apa Sebab?

Libara nantinya akan didukung oleh cadangan aset seperti deposito bank dan utang negara yang dipegang oleh jaringan kustodian.

Struktur itu dimaksudkan untuk menumbuhkan kepercayaan dan menghindari perubahan harga yang mengganggu cryptocurrency lainnya.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Sumber CNBC
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X