Jelang 2020, Ini Nasihat Kesuksesan dari Jack Ma hingga Bill Gates

Kompas.com - 28/12/2019, 14:54 WIB
HANGZHOU, CHINA - AUGUST 28: Alibaba Group Chairman Jack Ma attends 2019 Global Conference on Women and Entrepreneurship on August 28, 2019 in Hangzhou, Zhejiang Province of China. (Photo by VCG/VCG via Getty Images) VCGHANGZHOU, CHINA - AUGUST 28: Alibaba Group Chairman Jack Ma attends 2019 Global Conference on Women and Entrepreneurship on August 28, 2019 in Hangzhou, Zhejiang Province of China. (Photo by VCG/VCG via Getty Images)

NEW YORK, KOMPAS.com - Tahun 2019 segera berakhir dan kini saatnya melihat kembali pencapaian-pencapaian sepanjang tahun ini.

Para miliarder pun memberikan sejumlah nasihat kesuksesan yang diraih sepanjang tahun 2019 ini. Mereka antara lain Bill Gates, Warren Buffett, Jeff Bezos, hingga Jack Ma.

Dilansir dari CNBC, Sabtu (28/12/2019), berikut nasihat kesuksesan dari para miliarder.

1. Warren Buffett: Investasi pada diri sendiri

Warren Buffett. Warren Buffett.

Miliarder dan investor kawakan Warren Buffett mengatakan, investasi terbaik yang dapat Anda lakukan tak ada hubungannya dengan uang.

"Sejauh ini investasi terbaik yang dapat Anda lakukan adalah (berinvestasi) pada diri Anda sendiri," ujar Buffett.

Cara terbaik untuk berinvestasi pada diri sendiri, imbuhnya, adalah dengan belajar untuk berkomunikasi dengan lebih baik, baik dalam lisan maupun tulisan. Dengan demikian, nilai diri Anda akan naik 50 persen.

"Jika Anda tidak bisa berkomunikasi dengan seseorang, sama saja seperti mengedipkan mata pada gadis dalam kegelapan. Tidak akan terjadi apa-apa," seloroh Buffett.

Baca juga: Warren Buffett : Kesuksesan Hidup Ditentukan dengan Siapa Anda Menikah

Cara kedua adalah dengan menjaga jasmani dan rohani sedari muda.

"Anda hanya memiliki satu jiwa dan raga di dunia ini. Anda tidak bisa menjaganya lagi ketika menginjak usia 50 tahun. Ketika itu, Anda akan sakit jika tidak melakukan apa-apa. Jadi, investasilah pada diri sendiri," sebut Buffett.

Menurut Buffett, yang memiliki kekayaan lebih dari 89 miliar dollar AS, menambahkan bahwa ia meyakini kesuksesan yang hakiki dapat dilihat ketika seseorang menginjak usia 60 atau 70 tahun.

Halaman:
Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Sumber CNBC
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X