Saham Amazon Pecah Rekor, Jeff Bezos Kembali Jadi Orang Terkaya Dunia

Kompas.com - 29/12/2019, 12:13 WIB
Bos Amazon, Jeff Bezos di depan roket New Shepard buatan Blue Origin Blue OriginBos Amazon, Jeff Bezos di depan roket New Shepard buatan Blue Origin

JAKARTA, KOMPAS.com - CEO Amazon Jeff Bezos kembali menduduki posisinya sebagai orang terkaya dunia setelah saham Amazon melonjak menjelang liburan Natal tahun 2019 ini.

Posisi orang terkaya sejagat tersebut direbut Bezos setelah selama berminggu-minggu, Bezos berada di posisi orang terkaya dunia kedua setelah pendiri Microsoft Bill Gates merebutnya dari Bezos.

Mengutip CNN, saham Amazon memecah rekor tertingginya saat musim belanja liburan Natal tiba. Saat sesi perdagangan ditutup setelah Hari Natal, saham Amazon melonjak lebih dari 4 persen ditutup di atas 1.868 dollar AS pada Boxing Day dari sebelumnya sempat di bawah 1.790 dollar AS per saham.

Baca juga: Ini Kakek Terkaya Se-Indonesia, Dulunya Jualan Sabun Keliling

Berdasarkan data SEC terbaru menunjukkan bahwa Jeff Bezos memiliki 57.610.359 saham Amazon. Kenaikan saham Amazon tersebut telah meningkatkan kekayaan bersih Jeff Bezos lebih dari 4,5 miliar dollar AS.

Kepemilikan saham Bezos di Amazon bernilai lebih dari 107 miliar dollar AS atau setara Rp 1.498 triliun (Kurs Rp 14.000) per 26 Desember.

Ditambah dengan aset Bezos lainnya , kini kekayaan Bezos mencapai 116 miliar dollar AS atau setara Rp 1.624 triliun. Sementara menurut Indeks Bloomberg Billionaires, nilai kekayaan Bill Gates sebesar 113 miliar dollar AS atau setara Rp 1.582 triliun.

Baca juga: Tarif Listrik 900 VA Batal Naik Tahun Depan

Musim liburan menggerek saham Amazon

Saham raksasa ritel online Amazon naik setelah penjualan perusahaan milik Bezos ini memecahkan rekor selama periode liburan.

Sementara Amazon tidak menjelaskan secara spesifik, raksasa e-commerce ini mengumumkan bahwa ada sejumlah orang yang mencoba layanan berlangganan Perdana selama musim liburan ini dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya.

Amazon mencatat bahwa jumlah pengiriman yang dilakukan pada akun uji coba Amazon Prime hampir empat kali lipat lebih tinggi pada musim liburan ini dibandingkan dengan tahun lalu.

Baca juga: Ini 10 Negara yang Beri Upah Per Jam Tertinggi di Dunia

Jumlah pelanggan yang mengirimkan pesanan musim liburan mereka ke lokasi penjemputan Amazon juga meningkat 60 persen dibandingkan tahun lalu.

Pengiriman bahan makanan Amazon juga tumbuh secara signifikan dengan jumlah anggota Perdana yang melakukan percobaan dengan layanan ini untuk pertama kalinya meningkat lebih dari 80 persen.

Jumlah barang belanjaan yang dipesan di Amazon juga lebih dari dua kali lipat selama musim perayaan ini dibandingkan dengan tahun lalu. (Noverius Laoli)

Baca juga: Hartanya Tembus Rp 19 Triliun, Ciliandra Paling Muda di Daftar Orang Terkaya Indonesia

Artikel ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul: Jeff Bezos jadi orang terkaya dunia lagi setelah saham Amazon pecahkan rekor

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X