KAI Gratiskan Tiket KA Bandara Adi Soemarmo Hingga 2 Bulan ke Depan

Kompas.com - 29/12/2019, 14:07 WIB
Kereta api Bandara Adi Soemarmo melintas di jalur kereta api Stasiun Balapan Solo - Stasiun Bandara Adi Soemarmo saat uji coba di Ngemplak, Boyolali, Jawa Tengah, Sabtu (28/12/2019). Uji coba tersebut dilakukan sebagai kesiapan moda transportasi yang terintegrasi dari Stasiun Balapan Solo menuju Bandara Adi Soemarmo menggunakan kereta api dengan waktu tempuh kurang lebih 20 menit. ANTARA FOTO/ALOYSIUS JAROT NUGROKereta api Bandara Adi Soemarmo melintas di jalur kereta api Stasiun Balapan Solo - Stasiun Bandara Adi Soemarmo saat uji coba di Ngemplak, Boyolali, Jawa Tengah, Sabtu (28/12/2019). Uji coba tersebut dilakukan sebagai kesiapan moda transportasi yang terintegrasi dari Stasiun Balapan Solo menuju Bandara Adi Soemarmo menggunakan kereta api dengan waktu tempuh kurang lebih 20 menit.

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Kereta Api Indonesia (KAI) menggratiskan tarif kereta api (KA) Bandara Adi Soemarmo, Solo, hingga dua bulan ke depan.

Mulai hari ini, Minggu (29/12/2019), kereta Bandara Adi Soemarmo mulai beroperasi secara terbatas setelah dilakukannya soft launching.

"Nantinya, kereta tersebut akan melayani setiap jam," ujar Menhub Budi Karya Sumadi melalui keterangan persnya, Minggu, (29/12/2019).

Baca juga: Siang Ini, KA Bandara Adi Soemarmo Resmi Beroperasi, Tiketnya Gratis

Menhub sjudah melakukan peninjauan proyek Jalur Kereta Api (KA) Akses Bandara Adi Soemarmo - Stasiun Balapan, Solo.

Budi mengatakan, pengoperasian kereta bandara ini menciptakan integrasi antar moda transportasi untuk mendukung Candi Borobudur sebagai salah satu destinasi wisata superprioritas.

Dirinya berharap pengoperasian KA Bandara Adi Soemarmo dapat memberikan kemudahan bagi masyarakat lokal dan memberi kesan bagi turis asing.

Selama soft launching, Kereta Bandara akan melayani perjalanan kereta dari Stasiun Balapan Solo menuju Bandara Adi Soemarmo Pergi Pulang (PP) dari pagi hingga sore hari.

Baca juga: Daftar Miliarder Dunia yang Jadi Politisi, Ada Nama Hary Tanoe

Direktur Utama PT KAI Eddy Sukmoro mengatakan, bila nantinya dibutuhkan kereta tambahan, maka KAI akan menyediakannya. Akan terdapat 2 rangkaian kereta yang akan melayani rute tersebut.

Jalur Kereta Api Solo Balapan– Bandara Adi Soemarmo sepanjang 13,5 km merupakan bagian dari Proyek Strategis Nasional sesuai dengan Perpres nomor 56 tahun 2018 tentang perubahan Perpres nomor3 Tahun 2016.

Proyek ini dikerjakan oleh Balai Teknik Perkeretaapian Kelas I Wilayah Jawa Bagian Tengah, Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan mulai Maret 2018 dengan total investasi 820 Miliar Rupiah.

Pembangunan Jalur Kereta Api ini diharapkan akan menghubungkan 2 Bandara yaitu Bandara Adi Soemarmo di Surakarta dan Bandara Adi Sutjipto di Yogyakarta. Bahkan ke depan juga diproyeksikan untuk terhubung dengan Bandara baru New Yogyakarta International Airport (NYIA).

Baca juga: Saham Amazon Pecah Rekor, Jeff Bezos Kembali Jadi Orang Terkaya Dunia



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X