3 Strategi Memaksimalkan Keuangan di Tahun 2020

Kompas.com - 29/12/2019, 20:21 WIB
ilustrasi mengatur keuangan Shutterstockilustrasi mengatur keuangan
Penulis Kiki Safitri
|

NEW YORK, KOMPAS.com - Banyak orang yang memiliki resolusi untuk menabung lebih banyak dan melunasi utang. Hal ini juga tertuang dalam survei terbaru dari Fidelity Investments seperti dilansir dari CNBC, Minggu (29/12/2019),

Federal Reserve menemukan, banyak orang dewasa tidak mampu membayar keperluan-keperluan yang tidak terduga pada awal 2019.

Sementara itu, menurut otoritas pengatur industri keuangan hampir setengah dari orang Amerika juga tidak memiliki dana tak terduga.

Baca juga: Daftar Miliarder Dunia yang Jadi Politisi, Ada Nama Hary Tanoe

Oleh karena itu, jangan sia-siakan pelajaran finansial selama 2019 . Dengan menetapkan tujuan penghematan yang jelas, maka bukan tidak mungkin Anda dapat meraih kematangan finansial pada 2020.

Ada tiga strategi yang bisa Anda lakukan untuk memaksimalkan kondisi finansial Anda di tahun 2020, antara lain :

1. Resolusi finansial

Kemungkin dalam membuat pilihan resolusi keuangan adalah salah satu tujuan yang bisa Anda lakukan di tahun 2020. Menurut survei terbaru dari situs keuangan pribadi WalletHub, hampir 99 juta orang akan membuat resolusi keuangan tahun ini.

Namun ada dua beban yang ingin dihilangkan yakni nilai tabungan yang rendah dan utang yang melilit.

Survei baru dari Fidelity Investments menyebut, lebih banyak uang yang digunakan untuk membayar tagihan atau melunasi kartu kredit Anda adalah dua resolusi keuangan teratas untuk tahun 2020. Selanjutnya diikuti dengan pengeluaran yang lebih sedikit.

Baca juga: Saham Amazon Pecah Rekor, Jeff Bezos Kembali Jadi Orang Terkaya Dunia

Dengan menetapkan tujuan penghematan yang jelas, Anda bisa mulai hati Anda dengan menetapkan tujuan nyata yang dapat Anda raih di tahun 2020. Misalkan saja menambahkan pembayaran satu bulan ke dana darurat Anda.

Halaman:


Sumber CNBC
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X