Mau Beli Rumah?, Pertimbangkan 4 Hal Ini

Kompas.com - 30/12/2019, 07:37 WIB
Ilustrasi rumah Kementerian PUPRIlustrasi rumah

NEWYORK, KOMPAS.com - Harga rumah dan bunga Kredit Pemilikan Rumah (KPR) yang kian menjulang membuat generasi milenial khususnya yang baru berumah tangga mundur mengambil rumah baru.

Apalagi setelah mengambil KPR, ternyata biaya perawatan rumah juga tidak bisa dibilang murah.

Dikutip CNBC, Senin (30/12/2019), studi Kepemilikan Rumah 2019 Hometap mengemukakan, 60 persen milenial mengaku biaya perawatan rumah mempersulit tujuan finansial. Sementara 42 persen lainnya khawatir bisa menabung untuk pendidikan anak.

Sehingga tidak mengherankan rasanya, para pemilik rumah baru merasa stres karena keuangan tak lagi cukup untuk menabung pendidikan maupun pensiun.

Baca juga: Mulai 2020, Pemerintah Hapus Subsidi Selisih Bunga KPR

Bila membeli rumah masuk dalam daftar tujuan hidup Anda, coba mulailah mengelola apapun yang bisa dikontrol.

Faktor-faktor seperti di mana Anda tinggal, atau bagaimana Anda memilih untuk mendapatkan rumah dapat membantu mengurangi biaya.

Berikut ini simak 4 tips untuk membeli rumah tanpa menghabiskan keuangan Anda.

1. Pertimbangkan lokasi

Ketika memutuskan untuk membeli rumah, penting rasanya mempertimbangkan gaji tahunan Anda. Apakah gaji Anda akan cukup untuk mempertahankan gaya hidup bila tinggal di kota-kota tertentu? Sebuah kota pasti memiliki gaya hidup dan kebutuhan sehari-hari yang berbeda.

Rumah yang lebih murah biasanya dapat ditemukan di luar daerah metropolitan. Menurut survei Credit Karma, mereka yang tinggal di pedesaan biasanya 4 kali lebih hemat dibanding yang hidup di kota.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Sumber CNBC
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X