Jelang Tutup Tahun, Rupiah Lanjutkan Penguatan

Kompas.com - 30/12/2019, 09:04 WIB
Ilustrasi rupiah ShutterstockIlustrasi rupiah

JAKARTA, KOMPAS.com - Nilai tukar rupiah terhadap  dollar AS pada pembukaan perdagangan di pasar spot pada Senin (30/12/2019) kembali mengalami penguatan tipis.

Mengutip data Bloomberg, pada pukul 8.20 WIB, rupiah dibuka pada level Rp 13.948 per dollar AS atau menguat tipis 4 poin sebesar 0,03 persen dibandingkan penutupan Jumat lalu Rp 13.951 per dollar AS.

Kepala Riset Monex Investindo Futures Ariston Tjendra memproyeksikan, rupiah hari ini masih berpeluang untuk bergerak di zona positif.

" Rupiah kemungkinan masih bisa menguat mengikuti sentimen positif yang membayangi pergerakan aset berisiko di akhir tahun ini," kata Ariston kepada Kompas.com.

Baca juga: BI: Modal Asing ke Indonesia Capai Rp 266 Triliun, Rupiah Stabil

Lebih lanjut, Atiston mengatakan penguatan pada aset berisiko ini terdorong oleh pelonggaran moneter lanjutan atau prodyeksi suku bunga yang rendah di akhir tahun.

"Penguatan aset berisiko di akhir tahun ini mungkin terkait dengan potensi pelonggaran moneter lanjutan atau suku bunga acuan rendah di tahun 2020," katanya.

Ariston memproyeksikan rupiah akan bergerak pada kisaran Rp 13.900 per dollar AS sampai dengan Rp 13.970 per dollar AS.

Baca juga: Secara Aturan, Denda Sejuta Rupiah karena e-Toll Hilang Dibenarkan

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X