Ini Perbandingan Tarif 4 Kereta Bandara di Indonesia

Kompas.com - 30/12/2019, 11:09 WIB
Karyawan PT Kereta Api Indonesia (KAI) (Persero) bersiap melakukan perjalanan Kereta Api (KA) Bandara Adi Soemarmo-Stasiun Balapan di Solo, Jawa Tengah, Sabtu (28/12/2019). Kereta Api Bandara Adi Soemarmo yang terintegrasi dengan Stasiun Balapan Solo tersebut berkapasitas total 396 penumpang dan direncanakan beroperasi 60 kali perjalanan pulang pergi dalam sehari. ANTARA FOTO/MOHAMMAD AYUDHAKaryawan PT Kereta Api Indonesia (KAI) (Persero) bersiap melakukan perjalanan Kereta Api (KA) Bandara Adi Soemarmo-Stasiun Balapan di Solo, Jawa Tengah, Sabtu (28/12/2019). Kereta Api Bandara Adi Soemarmo yang terintegrasi dengan Stasiun Balapan Solo tersebut berkapasitas total 396 penumpang dan direncanakan beroperasi 60 kali perjalanan pulang pergi dalam sehari.

SOLO, KOMPAS.com - Setelah beberapa kali tertunda, kereta bandara yang menghubungkan Stasiun Balapan dengan Bandara Adi Soemarmo resmi beroperasi mulai hari Minggu (29/12/2019).

Kereta Bandara Adi Soemarmo jadi kereta bandara keempat yang sudah beroperasi di Indonesia. Pemerintah sendiri saat ini tengah mengerjakan kereta bandara lain yakni di Bandara Internasional Kulonprogo Yogyakarta.

Sementara sejumlah bandara besar lain masih dalam kajian untuk dikoneksikan dengan moda transportasi berbasis rel.

Tarif empat kereta bandara di Indonesia ini bervariasi, menyesuaikan dengan jarak tempuh, besaran investasi, dan subdisi dari pemerintah. Berikut perbandingan tarif empat kereta bandara di Indonesia:

1. Kereta Bandara Adi Soemarmo

Kereta bandara ini menghubungkan Stasiun Balapan di Kota Surakarta dengan Bandara Adi Soemarmo yang masuk wilayah Kabupaten Boyolali. Panjang lintasannya sejauh 12,9 km dan rata-rata waktu tempuh selama 20 menit.

Selain terhubung dengan kereta reguler di Stasiun Balapan, juga terkoneksi langsung dengan angkutan bus dan angkutan umum lainnya di Terminal Tirtonadi, Surakarta.

Untuk tahap awal, rute kereta api tersebut adalah Bandara Adi Soemarmo menuju Stasiun Solo Balapan (pp) dengan jarak sejauh 12,9 km dan rata-rata waktu tempuh selama 20 menit.

Ke depannya, juga akan dibuka dua rute tambahan, yaitu rute Bandara Adi Soemarmo menuju Yogyakarta dan Kutoarjo.

Setelah dioperasikan hari ini, KA Bandara Adi Soemarmo masih dapat dinikmati secara cuma-cuma oleh pengguna jasa hingga Februari 2020 mendatang. Tarif tiket resmi setelah periode tanpa tarif ini akan diumumkan kemudian.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X