Dompet Dhuafa Gandeng Milenial Kembangkan Peternakan Kambing

Kompas.com - 30/12/2019, 14:49 WIB
Ilustrasi kambing Goats Go.. Inspecting./Wikimedia CommonsIlustrasi kambing

JAKARTA, KOMPAS.com - Lembaga filantropi dan kemanusiaan Dompet Dhuafa menggandeng Pemuda Tani Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) untuk pengembangan peternakan domba dan kambing.

"Sinergi dan kolaborasi ini untuk membangkitkan para peternak milenial mengembangkan peternakan domba dan kambing dengan skala ekonomi yang memadai," kata Chief Communication Officer (CCO) Dompet Dhuafa Guntur Subagja dalam keterangannya, Senin (30/12/2019).

Dalam kerja sama ini, Dompet Dhuafa menjadi pembeli (off-taker) kambing atau domba yang dikembangkan Pemuda Tani HKTI.

Adapun Ketua Umum Pemuda Tani HKTI Rina Saadah menyatakan, untuk tahap awal pihaknya dan Dompet Dhuafa mengembangkan tiga sentra ternak di Jawa Timur.

Baca juga: Kambing Kurban Kulon Progo, Singapura, dan Ekonomi Kerakyatan

"Satu sentra di Bojonegoro dan dua sentra di Jember dengan kapasitas produksi total 6.000 ekor," jelas Rini.

"Kami juga menggandeng Tanifund untuk pembiayaan modal peternakan yang dikelola milenial ini, dan kami menjadi penjamin dan off-taker,"jelas Guntur.

Domba dan kambing yang diproduksi para pemuda peternak untuk memenuhi kebutuhan pasar kurban Dompet Dhuafa.

Selama ini para anggota kelompok ternak belum teintegrasi sehingga pengembangan ternak, khususnya penggemukan kambing, menjadi kurang efisien.



Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X