Edhy Prabowo Buka Wacana Kapal 150 GT ke Atas Bisa Beroperasi Lagi

Kompas.com - 31/12/2019, 06:39 WIB
KOMPAS.com /Kiki Safitri Kiki SafitriKOMPAS.com /Kiki Safitri

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Kelautan dan Perikanan, Edhy Prabowo akan merevisi aturan mengenai ukuran kapal yang bisa beroperasi di Zona Ekonomi Ekslusif ( ZEE) Indonesia.  Pihaknya membuka kemungkinan untuk kapal berukuran 150 GT ke atas bisa beroperasi di ZEE.

"Ini kan ada kapal standed yang ada di lapangan ternyata milik orang Indonesia, mau diapakan ini? Ini yang lagi kami kaji karena bergantung dari besaran tonase-nya berapa," kata Edhy di Gedung Mina Bahari III, Gambir Jakarta Pusat, Senin (30/12/2019).

Hingga saat ini aturan penggunaan kapal tangkap berukuran besar masih berlaku aturan lama, dengan maksimal 150 GT dan kapal angkut 200 GT. Hal ini tertuang pada Surat Edaran (SE) Direktorat Jenderal Perikanan Tangkap (DJPT) Nomor: D.1234/DJPT/PI.470. D4/31/12/2015 tentang Batasan Ukuran Kapal Ikan.

"Ini mau kami bahas karena ZEE dan laut lepas ini harus kita isi, masa kita harus nunggu, masa kita harus ribut terus dalam negeri," sebut Edhy.

Baca juga: Edhy Prabowo Soal Maraknya Kapal Asing di Natuna: Sudah Diawasi Ketat

Dia juga mengungkapkan ada kemungkinan kapal berukuran di atas 150 GT akan bisa beroperasi di ZEE.

"Saat ini aturannya 150 GT, nanti di atasnya yang di luar ZEE ke atas bisa 300 GT, bisa 200 GT tergantung hitungannya," ucap Edhy.

Edhy mengaku aturan ini akan mengkaji matang-matang dengan mempertimbangkan keberlanjutan industri perikanan Indonesia.

"Kita harus hitung dengan baik, karena hubungannya dengann suistainabelity dan keberlanjutan industri di laut kita. Jangan karena emosi mengerjar keuntungan lalu ambil sebanyak-banyaknya," tegas Edhy.

Baca juga: Belum Selesai, Edhy Prabowo Akan Ubah 27 Kebijakan di KKP

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X