4 Langkah yang Perlu Dilakukan untuk Selamatkan Jiwasraya Menurut Mantan Dirutnya

Kompas.com - 31/12/2019, 08:08 WIB
Mantan Dirut Jiwasraya Asmawi Syam di Jakarta, Jumat (27/12/2019) Kompas.com/MUTIA FAUZIAMantan Dirut Jiwasraya Asmawi Syam di Jakarta, Jumat (27/12/2019)

JAKARTA, KOMPAS.com - Mantan Direktur Utama PT Asuransi Jiwasraya (Persero) Asmawi Syam mengatakan, masalah utama yang mendera perusahaan asuransi pelat merah tersebut adalah keringnya likuiditas. Bahkan, di era dia memimpin, perusahaan tak lagi memiliki aset untuk bisa diinvestasikan.

Menurut dia, setidaknya ada empat langkah yang perlu dilakukan agar perseroan kembali sehat.

Keempatnya mencakup soal kondisi keuangan perusahaan hingga manajemen sumber daya manusia (SDM)nya.

"Bagaimana menyelesaikan kewajiban kepada nasabah itu yang utama. Kedua bagaimana menyehatkan perusahaan, yang ketiga bagaimana membangun trust kepada masyarakat ke depan," ujar Asmawi Syam kepada Kompas.com, Senin (30/1/2019).

Baca juga: Pengamat Sebut Produk Jiwasraya Investasi Skema Ponzi

"Karena bagaimanapun juga Jiwasraya perusahaan BUMN yang sudah berumur lebih dari 100 tahun sehingga harus menyelesaikan itu. Keempat adalah bagaimana memberi kepastian ke pekerja, menjaga semangat dan optimismenya. Dan yang kelima membangun IT yang lebih mumpuni," lanjut dia.

Selain itu, Jiwasraya juga dinilai perlu mulai merambah jenis produk asuransi lain seperti unitlink di mana risiko investasi tak sepenuhnya dibebankan kepada perseroan namun juga nasabah.

Permasalahan likuiditas, menurut dia sebenarnya telah mendera perseroan sejak sebelum dirinya menjabat. Perseroan pun sebelumnya telah melakukan beberapa langkah penyehatan laporan keuangan, yaitu dengan reasuransi dan revaluasi aset. Namun, hal tersebut hanya menambah jumlah aset ke perusahan tanpa memberikan likuditas.

Baca juga: Jiwasraya Belum Sampaikan Laporan Keuangan 2018 ke OJK?

Halaman:
Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X