Bakal Tren di 2020; Milenial Lakukan Rentvesting, Apa itu?

Kompas.com - 31/12/2019, 09:10 WIB
Ilustrasi rumah Wentao LiIlustrasi rumah

SYDNEY - KOMPAS.com - Tahun 2020 tampaknya tren milenial cari rumah bakal semakin tinggi.

Di Amerika Serikat misalnya, data Biro Sensus AS menunjukkan lebih dari sepertiga milenial di negeri itu AS sudah memiliki rumah. Sementara di Inggris, hampir seperempat milenial di London juga sudah memiliki rumah.

Di sisi lain, para milenial yang saat ini masih mencari rumah akan bergulat pada kenaikan harga rumah dengan pendapatan yang cenderung masih tetap.

Sementara milenial lainnya melakukan rensvesting, yakni membeli rumah dengan harga terjangkau di lokasi yang diperkirakan bakal terus berkembang sebagai investasi. Namun mereka masih tetap menyewa rumah di lokasi strategis sebagai tempat tinggal utama.

Dan manakala harga rumah yang dibeli sudah makin tinggi, mereka menjualnya dan kemudian membeli rumah impian mereka.

Baca juga: Milenial, Kini Beli Rumah Subsidi Bisa Lewat Aplikasi

Menurut situs properti online Australia Domain, gagasan untuk memiliki properti investasi memang sudah ada selama bertahun-tahun. Tetapi kini semakin banyak milenial yang menunda pembelian rumah untuk dihuni, dan menyewa rumah dengan harga rendah.

"Kami melihat bahwa saat ini ada banyak orang yang cenderung melakukan gagasan rentvesting," kata editor Australia Domain, Daniel Butchovich, seperti mengutip CNBC.com, Senin (30/12/2019).

Sementara tren yang sangat populer di kalangan profesional muda di kota-kota besar Australia adalah berkaitan dengan daya tarik dari pasar real estate, Dan, menurut Butchovich, hal tersebut sangat bermanfaat.

"Satu, Anda bisa tinggal di tempat yang Anda inginkan. Dua, uang Anda digunakan untuk investasi,” kata Butchovich.

Baca juga: Generasi Milenial Perlu Investasi Emas, Ini Alasannya

Butchovich mengatakan, lima tahun dari sekarang, Anda dapat menjual properti itu dan menggunakan hasil dan tabungan lain yang Anda punya untuk membeli rumah impian.

Namun, rentvesting bukan tanpa kesulitan, Butchovich mencatat ada banyak rintangan bagi para pembeli rumah pertama kali. Biasanya rentvestor baru, akan mensapatkan biaya pinjaman dengan hipotek lebih tinggi.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Sumber CNBC
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X