Simak, Cara Pangkas Pengeluaran agar Bisa Menabung Lebih Banyak

Kompas.com - 31/12/2019, 10:18 WIB
Ilustrasi menabung. SHUTTERSTOCK/AFRICA STUDIOIlustrasi menabung.

NEW YORK, KOMPAS.com - Tahun 2020 sudah di depan mata. Bagus rasanya memulai tahun baru dengan melihat kembali pengeluaran-pengeluaran rutin Anda.

Kemudian, tak ada salahnya menjadikan menabung lebih banyak sebagai resolusi 2020. Namun, dengan beragam pengeluaran, bagaimana caranya?

Apakah perlu memangkas pengeluaran-pengeluaran kecil seperti uang makan hingga uang kopi? Faktanya, memangkas pengeluaran kecil bisa membuat Anda merasa menyiksa diri sendiri.

Untuk membuat resolusi menabung menjadi nyata dan signifikan, kuncinya adalah fokus pada gambaran besar, kemudian merunut ke hal-hal kecil.

Baca juga: Mau Menabung untuk Masa Pensiun? Simak 4 Hal Penting Ini

Mulailah dengan biaya-biaya terbesar Anda, termasuk cicilan rumah dan transportasi, kemudian beralihlah ke kategori-kategori pengeluaran yang lebih kecil, seperti hiburan di akhir pekan.

Dilansir dari Popsugar, Selasa (31/12/2019), berikut ini 5 cara memangkas pengeluaran agar dapat menabung lebih banyak.

1. Kumpulkan tagihan

Kumpulkan seluruh tagihan Anda dalam periode enam bulan terakhir, khususnya tagihan bulanan. Ini termasuk tagihan kartu kredit, cicilan, dan sebagainya.

2. Buat kategori

Mulailah kategorikan pengeluaran-pengeluaran Anda. Sebagai contoh, Anda bisa mengelompokkannya seperti belanja kebutuhan rumah tangga, perawatan rumah, sewa, transportasi, rekreasi, dan seterusnya.

Baca juga: Survei : Milennial Lebih Gemar Menabung ketimbang Baby Boomers dan Gen-X

3. Ketahui pengeluaran terbesar

Ketahuilah biaya terbesar Anda setiap bulan dan buat daftarnya secara urut hingga ke yang terkecil.

4. Cari cara untuk menabung

Setelah menyusun kategori pengeluaran terbesar Anda, maka carilah cara untuk menabung. Misalnya, Anda bisa mengajak teman untuk tinggal bersama di apartemen Anda, sehingga biayanya bisa dibagi dua.

Atau, Anda bisa meninggalkan mobil Anda di rumah selama hari kerja dan menggunakan moda transportasi umum.

Baca juga: Ingin Menabung Setiap Hari? Simak 8 Cara Mudahnya

Sebelum misalnya mengurangi biaya untuk membeli kopi, tangani dulu pengeluaran terbesar sehingga Anda lebih mudah menyisihkan uang untuk ditabung.

Namun, pastikan tetap disesuaikan dengan gaya hidup Anda.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber Popsugar
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X