Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ironi Jiwasraya, Sabet Banyak Award Saat Kondisi Sekarat

Kompas.com - 31/12/2019, 12:42 WIB
Muhammad Idris,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Asuransi Jiwasraya (Persero) tengah dalam ambang kebangkrutan. Perusahaan BUMN asuransi ini mengalami gagal bayar polis kepada nasabah terkait produk investasi Saving Plan.

Nilai tunggakan pada nasabahnya tak tanggung-tanggung, mencapai Rp 12,4 triliun. Kesalahan manajemen terdahulu dalam penempatan investasi jadi penyebabnya. Jiwasraya sendiri diketahui banyak mengoleksi saham yang berisiko tinggi.

Menariknya, meski mengalami kondisi keuangan yang pelik, BUMN asuransi ini diketahui menerima belasan penghargaan dari berbagai lembaga dan media.

Salah satu penghargaan Jiwasraya yang cukup bergengsi yakni BUMN Branding & Marketing Award 2018 dari BUMN Track pada November 2018 untuk katagori Product Development. Penghargaan tersebut ditandatangani Reinald Kasali.

Belakangan, Guru Besar Universitas Indonesia kemudian memberikan klarifikasi.

"Ini benar-benar keterlaluan dan pembodohan. Bukannya membuat analisis yang benar dan tangkap pelaku fraud-nya, malah membangun logika yang ngawur,” kata Rhenald Kasali dalam keterangannya, Selasa (31/12/2019).

Menurut dia, penghargaan yang terdapat tanda tangannya dan diberikan tahun 2018, mengacu pada data-data Jiwasraya tahun 2016 dan 2017.

Baca juga: Disebut-sebut dalam Kasus Jiwasraya, Ini Kata Rhenald Kasali

Berdasarkan data yang diterimanya, pada 2016, Jiwasraya dinyatakan untung Rp 1,6 triliun dan meningkat jadi Rp 2,7 triliun pada 2017. Namun, laba bersihnya dikoreksi menjadi Rp 360 miliar.

Dikatakan akademisi yang kerap wara-wiri jadi juri award ini, fraud perusahaan tak bisa dikaitkan dengan penghargaan. Pasalnya fraud di dalam perusahaan asuransi itu terjadi secara terselubung pada sisi investasi.

"Sedangkan penghargaannya terkait proses pembuatan produk di antara sesama BUMN dan anak cucunya. Apa hubungannya? Bantulah negara membuat persoalannya jelas, jangan malah dibuat kusut," ucap Reinald.

"Dan karang-karang angka sendiri. Jadi daripada membiarkan pelaku fraud melarikan diri, lebih baik fokus pada seluk beluk permaian si pelaku," katanya lagi.

Sebagai informasi, Jiwasraya sendiri sudah diaudit oleh kantor akutan besar PWC dan dinyatakan untung Rp 1,6 triliun pada tahun 2016.

Lalu pada tahun 2017 direksi mengklaim untung Rp 2,7 triliun. Namun direksi baru mencium kejanggalan dan meminta KAP mengecek kembali sehingga laba bersihya dikoreksi menjadi Rp 360 miliar.

Baca juga: 4 Langkah yang Perlu Dilakukan untuk Selamatkan Jiwasraya Menurut Mantan Dirutnya

Tak hanya dari BUMN Track. Dilihat dari situs resminya, sepanjang tahun 2018, Jiwasraya menerima belasan penghargaan yang berasal dari Majalah SWA, Menkominfo, Markplus, Majalah Investor, WartaEkonomi dan sejumlah media dan pihak asuransi.

Salah kelola

Sebelumnya, Ekonom Institute for Development of Economics and Finance ( Indef), Enny Sri Hartati, mengungkapkan kasus perusahaan asuransi sampai tekor triliunan rupiah dinilainya tidak lazim.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com