Jadwal, Rute dan Pengalihan Koridor Transjakarta Saat Malam Tahun Baru

Kompas.com - 31/12/2019, 12:56 WIB
Bus Transjakarta Scania memasuki halte Monas, Jakarta. Selasa (16/6/2015). Kompas.com/Robertus BelarminusBus Transjakarta Scania memasuki halte Monas, Jakarta. Selasa (16/6/2015).

JAKARTA, KOMPAS.com - PT TransJakarta menyiapkan armada lebih dan menambah jam operasional di beberapa rute untuk menyambut perayaan malam tahun baru.

Transjakarta menyiapkan 183 Armada Malam Hari (Amari) untuk melayani penumpang pada perayaan Tahun Baru 2020 guna mengantisipasi lonjakan penumpang. 

Direktur Pelayanan dan Pengembangan PT TransJakarta Achmad Izzul Waro menyampaikan beberapa skema untuk Transjakarta pada perayaan tahun baru. 

1. Kawasan Wisata Ancol 

Transjakarta akan menyediakan shuttle menuju Ancol dari JIExpo dengan rute JIExpo- Rusunami Bandar Kemayoran (parkir C3) - Ancol Pintu Timur. Rute ini pun bersifat gratis dan tidak dikenakan biaya. 

Akan ada 16 unit Metro Trans yang menuju Ancol ini beroperasi mulai 31 Desember 2019 dari pukul 05.00 WIB hingga 1 Januari 2020 pukul 23.59 WIB.

"Hal ini kami lakukan agar masyarakat yang ingin berkunjung ke kawasan Ancol tidak perlu lagi membawa kendaraan pribadi," ucap Achmad saat berada di Plaza Indonesia, Senin (30/12/2019)

2. Jiexpo-Monas

Transjakarta rute ini beroperasi 31 Desember 2019 pukul 05.00 WIB hingga 1 Januari 2020 pukul 22.00 WIB. Akan ada penambahan 2 unit bus untuk rute ini.

"Rute ini ya sudah ada di tahun-tahun sebelumnya dan ini memang rute reguler juga, cuma kami menambahkan jamnya," Kata Achmad.

3. Tambahan armada malam hari

- Rute 5H (Harmoni-Ancol) dan Rute 1F (Palmerah-Bundaran Senayan via Asia Afrika) ditambah 5 bus dan beroperasi hingga jadwal kereta terakhir jurusan Tanah Abang-Rangkasbitung pukul 02.30 WIB.

- Rute S12 (BSD- St MRT Fatmawati) dan Rute S31 (Bintaro- St. MRT Fatmawati) akan ditambah 8 unit dan akan beroperasi hingga MRT terakhir pukul 02.30 WIB.

4. Rekayasa Pengalihan koridor 1

Transjakarta akan melakukan rekayasa untuk koridor 1 karena lalu lintas di Bundaran HI.

"Pertama rute koridor 1 (Blok M-Kota) kita bagi dalam tiga skema. Skema pertama Kota-Harmoni-Tomang-Koridor 9-Semanggi-Blok M untuk pulang dan pergi," ujar Achmad

Skema kedua akan diberlakukan di Blok M yakni Blok M-Gelora Bung Karno-Putar Semanggi untuk pulang dan pergi.

Sedangkan skema ketiga yaitu Transjakarta Kota-Harmoni-Monas dan Putar Patung Kuda untuk pulang dan pergi.

Koridor lain yang dialihkan adalah koridor 4 rute Pulogadung-Tosari ICBC. Untuk koridor ini TransJakarta menerapkan skema Pulogadung 2-Dukuh Atas (Land Mark) lalu putar balik Land Mark pulang dan pergi.

"Ini dikarenakan malam panggung tahun baru di kawasan Bundaran HI dan akan ada penutupan jalur pukul 19.00 WIB sampai 01.00 WIB di Ruas Thamrin Sudirman," ucap Achmad.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X