Ini Jadwal Lengkap KRL Saat Malam Tahun Baru

Kompas.com - 31/12/2019, 15:57 WIB
Sejumlah penumpang kereta listrik (KRL) Jabodetabek menunggu di garis batas antrean berwarna hijau di Stasiun Juanda, Jakarta Pusat, Rabu (9/8/2017). Garis batas antrean ini dibuat agar arus keluar masuk penumpang lebih teratur dan diharapkan dapat menghindari aksi saling mendorong sesama penumpang KRL. KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNGSejumlah penumpang kereta listrik (KRL) Jabodetabek menunggu di garis batas antrean berwarna hijau di Stasiun Juanda, Jakarta Pusat, Rabu (9/8/2017). Garis batas antrean ini dibuat agar arus keluar masuk penumpang lebih teratur dan diharapkan dapat menghindari aksi saling mendorong sesama penumpang KRL.
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Guna mengakomodir penumpang di malam tahun baru, PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) akan menambah jadwal operasi dan keberangkatan KRL hingga dini hari yakni pada malam tahun baru, Selasa (31/12/2019) hingga awal tahun pada Rabu (01/01/2020).

Mengutip keterangan resmi PT Kereta Commuter Indonesia (PT KCI), anak perusahaan PT KAI ini akan mengoperasikan 22 perjalanan KRL untuk melayani pengguna jasa hingga pukul 03.00 WIB pada 1 Januari 2020.

Penambahan perjalanan KRL pada malam pergantian tahun rutin dilakukan PT KCI. Di malam pergantian tahun 2020 ini PT KCI menambah sebanyak 28 perjalanan KRL tambahan khusus perayaan pergantian tahun.

Baca juga: Ini Alasan Pemerintah Tetap Berikan Subsidi ke KRL

Jarak keberangkatan antar KRL tambahan pada malam pergantian tahun kali ini adalah lebih kurang 60 menit di beberapa lintas KRL Commuter Line.

“Sembilan perjalanan KRL tambahan akan melayani relasi Bogor/Depok-Kampung Bandan/Jakarta Kota pp, tujuh perjalanan KRL tambahan akan melayani relasi Cikarang/Bekasi-Jakarta Kota pp," jelas Vice President Corporate Communications PT KCI Anne Purba dalam keterangannya, Selasa (31/12/2019).

"Empat perjalanan KRL tambahan akan melayani relasi Rangkasbitung/Maja/Parungpanjang-Tanah Abang pp, dua perjalanan KRL tambahan akan melayani relasi Tangerang-Duri pp, dan enam perjalanan KRL tambahan akan melayani relasi Tanjungpriok – Jakartakota pp,” tambahnya.

Baca juga: KCI Ajak Komunitas Lebih Garang Lawan Pelecehan Seksual di KRL

Selain menambah perjalanan KRL, PT KCI juga akan menambah petugas pelayanan, kebersihan, pengamanan hingga dua kali lipat serta menambah hingga 26 loket portable.

Toilet portabel tersebut tersebar di Stasiun Bogor, Stasiun Jakarta Kota, Stasiun Juanda, Stasiun Pasar Minggu, Stasiun Manggarai, Stasiun Lenteng Agung, Stasiun Sudimara, Stasiun Citayam, dan Stasiun Rangkasbitung.

Berbagai penambahan fasilitas untuk para pengguna jasa juga disiapkan PT KCI antara lain dengan pemasangan tenda antrian dan ruang tunggu di tujuh stasiun diantaranya di Stasiun Bogor, Stasiun Citayam, Stasiun Tambun, Stasiun Ancol, Stasiun Depok Baru, Stasiun Bekasi, dan Stasiun Rangkasbitung.

Selain itu ada juga enam toilet portabel di Stasiun Lenteng Agung, Stasiun Manggarai, Stasiun Sudirman, Stasiun Citayam, Stasiun Rawabuntu, dan Stasiun Depok.

Baca juga: Rel Patah antara UI dan Depok, Perjalanan KRL Sempat Terganggu

Bagi para ibu menyusui yang membawa putra-putrinya tersedia juga ruang laktasi di Stasiun Sudirman, Stasiun Tanah Abang, Stasiun Palmerah, Stasiun Kebayoran, Stasiun Parung Panjang, Stasiun Cisauk, Stasiun Maja.

Kemudian Stasiun Citeras, Stasiun Jakarta Kota, Stasiun Tangerang, Stasiun Duri, Stasiun Bogor, Stasiun Bojong Gede, Stasiun Citayam, Stasiun Depok, Stasiun Depok Baru, Stasiun Tebet, Stasiun Manggarai, dan Stasiun Batu Ceper.

“Demi keamanan dan kenyamanan bersama, PT KCI menghimbau kepada para pengguna jasa untuk mengikuti aturan dan tata tertib yang berlaku di dalam stasiun maupun KRL, diantaranya tidak membawa petasan, kembang api, dan benda-benda lain yang mudah terbakar," ujar Anne.

"Bagi pengguna yang kedapatan membawa benda-benda tersebut di dalam KRL, maka akan disita oleh petugas. Jika pengguna tidak bersedia, maka akan diturunkan di stasiun terdekat,” imbuhnya.

Dikatakan Anne, para pengguna juga dihimbau untuk tidak bermalam di stasiun.

Setelah pukul 03.00 WIB maka seluruh lokasi stasiun akan kembali steril guna kepentingan pekerjaan pembersihan dan perawatan fasilitas stasiun sehingga dapat kembali melayani para pengguna esok harinya.

Baca juga: Viral, Video Penumpang Cuek Saat Ditegur karena Merokok di Dalam KRL

Relasi Bogor/Depok-Jakarta Kota

1. Bogor-Jakarta Kota 22.27 WIB
2. Bogor-Jakarta Kota 23.27 WIB
3. Bogor-Kampung Bandan 23.50 WIB
4. Bogor-Jakarta Kota 00.26 WIB
5. Bogor-Depok 02.35 WIB
6. Jakarta Kota-Bogor 00.45 WIB
7. Jakarta Kota-Bogor 01.35 WIB
8. Jakarta Kota-Bogot 02.35 WIB
9. Kampung Bandan-Bogor 01.50 WIB

Relasi Cikarang/Bekasi-Jakarta Kota

1. Bekasi-Jakarta Kota 00.55 WIB
2. Bekasi-Jakarta Kota 01.32 WIB
3. Cikarang-Jakarta Kota 02.02 WIB
4. Cikarang-Bekasi 02.50 WIB
5. Jakarta Kota-Cikarang 01.05 WIB
6. Jakarta Kota-Bekasi 02.00 WIB
7. Jakarta Kota-Cikarang 03.00 WIB

Relasi Rangkasbitung/Maja/Parungpanjang-Tanah Abang

1. Rangkasbitung-Tanah Abang 23.30 WIB
2. Parungpanjang-Tanah Abang 01.10 WIB
3. Tanah Abang-Maja 02.25 WIB
4. Tanah Abang-Rangkasbitung 02.50 WIB

Relasi Tangerang-Duri

1. Tangerang-Duri 01.00 WIB
2. Duri-Tangerang 02.00 WIB

Relasi Tanjungpriok-Jakarta Kota

1. Jakarta Kota-Tanjungpriok 22.00 WIB
2. Jakarta Kota-Tanjungpriok 23.20 WIB
2. Jakarta Kota-Tanjungpriok 01.20 WIB
3. Tanjungpriok-Jakarta Kota 22.40 WIB
4. Tanjungpriok-Jakarta Kota 00.40 WIB
5. Tanjungpriok-Jakarta Kota 02.00 WIB

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X