Tak Perlu Kuliah untuk Kerja di Tesla, Mengapa Begitu?

Kompas.com - 31/12/2019, 17:45 WIB
CEO Tesla Elon Musk Business InsiderCEO Tesla Elon Musk

NEW YORK, KOMPAS.com - Ternyata, jika Anda ingin bekerja di perusahaan produsen mobil listrik Tesla, Anda tak perlu mengenyam pendidikan tinggi. Hal ini diungkapkan oleh sang CEO, Elon Musk.

"Anda tidak perlu gelar sarjana agar bisa bekerja untuk Elon Musk," kata Musk dalam unggahan pada akun Twitter pribadinya pekan lalu, seperti dikutip dari Business Insider, Selasa (31/12/2019).

Ketika dikonfirmasi apakah ia tidak mewajibkan calon pegawai Tesla untuk memiliki gelar sarjana, dengan mantap Musk mengiyakan.

Jawaban Musk tersebut pun sesuai dengan wawancara yang ia lakoni bersama majalah otomotif Jerman Auto Bild pada tahun 2014 silam. Kala itu, Musk bahkan menyebut calon pegawai Tesla tak perlu lulus SMA.

Baca juga: Elon Musk Sebut Berlibur Akan Membunuhmu, Mengapa?

"Tak perlu memiliki gelar sarjana sama sekali, atau bahkan ijazah SMA," ujar Musk ketika ditanya apakah dirinya mempertimbangkan asal universitas pelamar kerja di Tesla.

"Jika seseorang lulus dari universitas yang bagus, maka ini bisa menjadi indikasi bahwa ia akan mampu melakukan hal besar, namun tidak perlu begitu. Jika Anda lihat orang-orang seperti Bill Gates atau Larry Ellison, Steve Jobs, mereka tak lulus kuliah. Namun, jika Anda berkesempatan merekrut mereka, tentu saja itu ide yang bagus," ungkap Musk.

Ketimbang calon pegawai yang lulus dari universitas bergengsi, Musk mengaku lebih memilih kandidat yang memiliki kemampuan luas biasa.

"Bila ada rekam jejak prestasi yang luar biasa, maka kemungkinan besar ini akan berlanjut di masa mendatang," tutur Musk.

Baca juga: Meleset dari Target Elon Musk, Penjualan Tesla Tetap Cetak Rekor

Menurut Musk, ketika mewawancarai kandidat, ia akan meminta sang kandidat memberikan rangkuman karier mereka dan menjelaskan bagaimana mereka menyelesaikan masalah-masalah paling sulit.

Musk juga akan mengajukan pertanyaan terperinci tentang masalah-masalah yang dijabarkan sang kandidat. Jika kandidat tidak bertanggung jawab menyelesaikan masalah, maka ia tidak akan tahu jawabannya.

Adapun Musk sendiri mengantongi gelar sarjana bidang fisika dan ekonomi dari salah satu universitas bergengsi AS, University of Pennsylvania.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X