Kompas.com - 31/12/2019, 20:02 WIB
Ilustrasi listrik PLN dok PLNIlustrasi listrik PLN
Penulis Kiki Safitri
|

JAKARTA, KOMPAS.com - PLN menyiagakan sebanyak 2.337 personel di malam pergantian tahun hingga tahun baru 2020 di seluruh wilayah kerja PLN Unit Induk Distribusi Jakarta Raya.

Beberapa titik keramaian malam tahun baru di Jakarta juga mendapat pantauan khusus seperti Bundaran Hotel Indonesia, Monas, dan Ancol.

Dalam siaran persnya, Selasa (31/12/2019), PLN memastikan pasokan listrik untuk seluruh rangkaian acara malam tahun baru yang diselenggarakan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Mulai di sekitar Bundaran HI, Silang Barat Daya Monas, hingga panggung hiburan di Jalan Wahid Hasyim.

Untuk menjaga kehandalan pasokan yang berada di lokasi pusat-pusat keramaian tersebut PLN siagakan gardu hubung bergerak, trafo bergerak, dan UPS.

Baca juga: Tarif Listrik 900 VA Batal Naik, PLN Siap Tanggung Beban Lebih?

Sebelumnya, jajaran Direksi PLN melakukan inspeksi mendadak (sidak) disejumlah pembangkit dan Pusat Pengatur beban Jawa Bali.

Inspeksi ini dilakukan guna memantau dan memastikan kembali kesiapan pasokan listrik terhadap kondisi 22 sistem besar di Indonesia termasuk beberapa sistem isolated.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dari kunjungan tersebut diketahui perkiraan beban puncak di Jakarta pada malam tahun baru yaitu 3.800 Mega Watt (MW) sedangkan beban siang ini terjadi siangnya hanya sebesar 3.106 MW, padahal ketika hari tidak libur rata-rata mencapai 5.200 MW.

Rendahnya beban listrik di Jakarta dikarenakan banyak beberapa industri, perkantoran dan pusat-pusat bisnis yang libur, selain itu warga Jakarta juga banyak yang berlibur ke luar kota.

Baca juga: Jadwal Kereta MRT Terakhir Saat Malam Tahun Baru

Wakil Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo mengatakan, sidak dilakukan untuk melihat secara langsung kesiapan keandalan listrik.

"Dengan begitu masyarakat bisa merayakan tahun baru 2020 dengan nyaman," kata dia.

Secara keseluruhan, PLN menetapkan masa siaga pada H-7 sampai H+7 Natal dan Tahun Baru, mulai dari 18 Desember 2019 hingga 8 Januari 2020.

Selama masa siaga ini, PLN menyiapkan 2.327 posko siaga, 31.337 personil, 4.591 unit kendaraan yang siap bertugas 24 jam untuk menjaga keandalan pasokan listrik yang tersebar di seluruh Indonesia.

Baca juga: Ini Jadwal Lengkap KRL Saat Malam Tahun Baru

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.